Sonia Syaiddah Asal Lampung Barat Juara 1 Duta Kopi Indonesia 2021

Sonia Syaiddah Maulia Noor

BlogGua, Lampung Barat - Duta Kopi Indonesia merupakan ajang pemilihan berskala Nasional dalam mencari talenta terbaik yang berkompeten mengenai Kopi, mulai dari sejarah masuknya Kopi di Indonesia hingga strategi pemasarannya dari setiap daerah di Indonesia.

Sonia Syaiddah Maulia Noor, putri asal Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat Terpilih Sebagai Juara I Duta Kopi Indonesia 2021 setelah diumumkan secara virtual, Senin (15/11/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Yayasan Duta Kopi Indonesia, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dewan Kopi Indonesia, Media Indonesia, Metro TV, Media Group, dan berbagai pihak lainnya.

Sebelum terpilih sebagai Duta Kopi Nasional, Sonia dibantu langsung oleh crew Rumah Kreatif Lampung Barat, dari proses pendaftaran, sampai pada babak final, demikian juga Ketua Dewan Kopi Lampung, Mukhlis Basri dan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

"Alhamdulillah ya Allah, terima kasih kepada Bapak Mukhlis Basri, Bapak Bupati Parosil Mabsus, rekan-rekan saya di Rumah Kreatif, dan tentu keluarga besar saya, atas dukungan, doa, bimbingan, sehingga hari ini saya mendapatkan anugerah yang sangat besar, dengan terpilih sebagai juara I Duta Kopi Nasional,” tutur Sonia Syaiddah Maulia Noor.

Selain itu, Sonia sangat bersyukur punya dukungan dari orang-orang besar seperti pak Mukhlis dan pak Parosil, yang selain merupakan tokoh dan pemimpin Lampung Barat, juga sebagai petani kopi, sehingga banyak ilmu yang saya dapatkan.

"Hal yang sama saya dapatkan dari rekan-rekan Rumah Kreatif, dari membuatkan video, foto dan kebutuhan dari awal sampai hari ini saat pengumuman,"imbuhnya.

Terpilih sebagai juara I Duta Kopi Nasional, lanjut Sonia, tugasnya adalah mempromosikan kopi-kopi dari seluruh provinsi kepada dunia global. Karena ini skala nasional, masih kata Sonia, tentu bukan hanya kopi Lampung saja yang kami promosikan kepada dunia global, tetapi seluruh varian kopi dari berbagai provinsi.

"Tentu, untuk Saya harus terus belajar tentang karakter kopi yang dihasilkan petani dari seluruh Indonesia,"ujarnya.

Diakhir, tak lupa Sonia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Yayasan Duta Indonesia Maju beserta Dewan Juri, Ketua TP PKK Partinia Thamrin, GenPi Lampung Barat, Visit Lambar, seluruh masyarakat, pengusaha, serta petani Lampung Barat dan Lampung, Keluarga besar Alumni Fikom Unpad, Tim Alibaba dan Glints.

Sementara, Anggota DPR RI Komisi I sekaligus Ketua Dewan Kopi Lampung Hi. Mukhlis Basri mengucapakan Selamat dan merasa bangga atas keberhasilan dua peserta pemilihan Duta Kopi Nasional Tahun 2021, yakni Sonia dari Lampung Barat yang terpilih sebagai juara I dan Aurel asal Bandar Lampung yang terpilih sebagai juara favorit.

"Selamat kepada Ananda Sonia Faried dan Aurel, yang telah mengharumkan Provinsi Lampung dan tentunya Lampung Barat dan Bandar Lampung, atas keberhasilan meraih yang terbaik pada ajang tingkat nasional,"tuturnya.

Mukhlis mengatakan, dengan keberhasilan Putri-Putri Lampung sebagai Duta Kopi Nasional, diharapkan akan membawa nilai positif terutama bagi petani kopi. Karena salah satu tugas penting sebagai Duta Kopi Nasional adalah melakukan promosi baik lokal, regional maupun internasional.

"Mudah-mudahan ananda Sonia Faried dan Aurel dapat menjalankan tugas sebagai Duta Kopi Nasional dengan baik, karena satu tugas penting adalah mempromosikan kopi dari seluruh wilayah terutama kopi robusta Lampung,"pungkasnya. (Diskominfo Lambar)