Pj Bupati Pringsewu Serahkan Bantuan Sosial RTLH Bagi 40 KK

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah (berkacamata)

BlogGua, Lampung - Sebanyak 40 KK di Kabupaten Pringsewu menerima bantuan sosial Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH). Bantuan bersumber dari APBD Perubahan 2022 Kabupaten Pringsewu senilai Rp 600 juta, dengan perincian setiap KK menerima  Rp 15 juta,  diserahkan secara simbolis oleh Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah kepada perwakilan penerima di Balai Pekon Klaten Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung, Senin (26/12/2022).

Menurut Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, memiliki rumah layak huni merupakan hal penting. Sebab, rumah memiliki banyak fungsi, yang mencakup aspek fisik (aman), mental (nyaman) dan sosial (dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga dan menjadi media yang baik bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga).

"Oleh karenanya, apabila kebutuhan rumah tinggal layak huni dapat terpenuhi, akan berpengaruh terhadap ketahanan sosial sebuah keluarga," ujarnya.

Dikatakan Pj.Bupati Pringsewu pada acara yang dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi, Kadis Sosial Titik Puji Lestari, Camat beserta Kapekon setempat, Pemkab Pringsewu  secara bertahap berupaya memberikan atau memfasilitasi warga untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni. 

"Mungkin semua warga memiliki rumah yang layak huni seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan permasalahan sosial lainnya," katanya.

Kondisi ini sejalan dengan masuknya kriteria rumah tidak layak huni menjadi indikator Penanganan kemiskinan.

"Jika merujuk Pasal 3 huruf (a) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin yang menyebutkan fakir miskin berhak memperoleh kecukupan pangan, sandang dan perumahan dan di Pasal 7 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin menyatakan bahwa salahsatu bentuk penanganan fakir miskin adalah penyediaan pelayanan perumahan yang layak huni," terangnya.

Pj.Bupati Pringsewu juga mengimbau para penerima bantuan sosial Rutilahu agar benar-benar memanfaatkan dana bantuan yang diterima untuk memperbaiki kondisi rumah agar menjadi layak huni. Begitu juga kepada para camat, agar selalu memonitor dan mengevaluasi penyeleggaraan usaha kesejahteraan sosial di wilayahnya.

Salahsatunya, lanjut Adi, yakni rumah tidak layak huni, dengan mendata dan berkoordinasi serta melaporkan kepada  instansi terkait. "Sehingga dengan koordinasi yang kita lakukan akan dapat mewujudkan pembangunan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pringsewu yang lebih baik," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Kabupaten Pringsewu Dra.Titik Puji Lestari mengatakan para penerima bantuan sosial Rutilahu yang berjumlah 40 KK ini berasal dari 9 kecamatan se-Kabupaten Pringsewu. Masing-masing Kecamatan Pringsewu (6), Pardasuka (4), Pagelaran (4), Pagelaran Utara (3), Gadingrejo (8), Sukoharjo (7), Adiluwih (2), Ambarawa (3) dan Banyumas (3). (kmf/ Isnanto Hapsara)

0 Komentar

Silahkan Komentar