Pegawai Rutan Sukadana Upacara 17 Agustus Kenakan Pakaian Adat

Peserta Upacara

BlogGua, Lampung - Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 RI  petugas Rumah Tahanan (Rutan) Sukadana Lampung Timur tampil mengenakan pakaian adat tradisional pada saat melaksanakan Upacara 17 Agustus 2022.

Petugas yang berpakaian adat ini diantaranya Ka. Rutan Jumadi, KPR Rutan Sukadana, Dion, Rubi, Haris, berpakaian berbagai baju adat, Daerah/Wilayah.

“Khusus pada 17 Agustus ini sesuai instruksi dari Kemenkumham agar kami mengenakan pakaian adat tradisional untuk memeriahkan HUT RI,” kata Jumadi Ka. Rutan Sukadana Lampung Timur.

Jumadi mengatakan, pakaian adat hanya dipakai oleh petugas yang ikut upacara sementara yang jadi petugas upacara wajib mengenakan pakaian dinas lapangan, Berikut Para Warga Binaan memakai pakaian santri dan hitam putih.

Upacara 17 Agustus diikuti sekitar 100 lebih peserta, terdiri dari warga binaan, para KPR dan petugas Rutan.

Seperti upacara bendara pada umumnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengibarkan bendera merah putih, pembacaan Proklamasi, juga pembacaan sambutan Inspektur upacara dan lagu nasional lainnya.

Jumadi juga mengatakan, rangkaian peringatan 17 Agustus telah dimulai sejak pertengahan Juli 2021 yakni dilaksanakan sejumlah perlombaan yang diikuti warga binaan pemasyarakatan.

Lomba-lomba tersebut diantaranya lomba food Sal, paduan suara, akustik, dan permainan tradisional lainnnya.

Menurut dia, perlombaan 17 Agustus ini selain untuk memeriahkan HUT RI juga bagian dari pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan, melatih bakat dan keterampilannya serta silaturahmi, juga solidaritas antar WBP.

“Lomba-lomba ini juga untuk mengasah keterampilan serta minat dan bakat warga binaan Rutan Sukadana,” ujar Jumadi.

Pembinaan warga binaan ini, lanjut Jumadi, sejalan dengan tema besar HUT RI ke-77 yakni SDM Unggul, Indonesia Maju” yang diterjemahkan oleh KPR Rutan Sukadana untuk terus mengoptimalkan pembinaan bakat dan kepribadian warga binaan agar tetap semangat menjalankan aktivitas selama menjalani masa hukuman.

“Bukan hanya kepada warga binaan, motivasi juga kami sampaikan kepada petugas Rutan agar menjalankan tugas dan fungsi tanggung jawabnya dalam melakukan pembinaan di Rutan,” kata Jumadi.

Tambah, KPR, menyampaikan, ke awak media ini bahwa hari ini hajatnya Pak Rudion Kasubsi, Pelayanan Tahanan/ Registrasi, bahwa hari kemerdekaan ini mengumumkan dan membebaskan warga binaan yang berkelakuan baik yang mendapatkan remisi, dihari kemerdekaan RI yang Ke-77,” ujar KPR. (Riz)