Wakil Gubernur Serahkan Penghargaan dan Bantuan Sosial Untuk 6 Ponpes di Lampung

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim

BlogGua, Lampung - Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim menyerahkan Penghargaan dan Bantuan Sosial kepada Pondok Pesantren (ponpes) di Lampung, kegiatan berlangsung di Hotel Horison, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (02/11/2022). 

Pemberian piagam dan uang pembinaan dalam Lomba Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Pondok Pesantren se-Provinsi Lampung diterima oleh 6 (enam) Ponpes di Provinsi Lampung. 

Sementara  bantuan yang diserahkan yakni bantuan sosial kepada Tahfidzul Qur'an Hafidz/Hafidzah se-Provinsi Lampung sebanyak 249 orang dengan masing-masing menerima sebesar Rp3.000.000;  bantuan kepada tokoh-tokoh agama (Guru ngaji, Marbot, dan Imam Masjid) se-Provinsi Lampung sebanyak 1000 orang dengan masing-masing menerima sebesar Rp1.000.000; dan Pemberian bantuan sosial kepada peserta didik siswa/pelajar santri se-Provinsi Lampung sebanyak 50 orang dengan masing-masing menerima sebesar Rp2.000.000.

Chusnunia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, Peringatan Hari Santri selalu diselenggarakan dengan tema yang berbeda. Tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. 

Chusnunia juga melanjutkan bahwa tema tersebut diambil atas peran aktif santri,  dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 

"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," lanjutnya. 

Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini Gubernur Lampung, telah menaruh perhatian serius dan menjadikan program peningkatan keagamaan sebagai program unggulan,

Chusnunia juga mengatakan bahwa banyak  program yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam peningkatan keagamaan yang mana kegiatan hari ini merupakan sebagian kecil yang ada dibawah asuhan Kesra.

"Begitu banyak perhatian pemerintah Provinsi Lampung yang terkait yang menjadi perhatian Gubernur Lampung dan saya sebagai wakil gubenur untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai provinsi yang keagamaan dan spiritualnya terjaga karena dengan kedua hal itu jasmani dan lainnya seperti ketertiban dan keamanan akan mengikuti," paparnya. 

Diakhir sambutan, Chusnunia berharap melalui kegiatan ini Provinsi Lampung bisa mendapatkan rahmat dari Allah S.W.T. 

"Saya juga berharap dengan memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini, Semoga Bumi Lampung mendapatkan Predikat yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur, yang mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah S.W.T dan Semakin berjaya." tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini, Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Ketua MUI Provinsi Lampung, Ketua NU Provinsi Lampung, Ketua Muhammadiyah Provinsi Lampung, Pimpinan Pondok Pesantren di Provinsi Lampung, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.(kmf)