Bunda Dewi Hadiri Sosialisasi Pemberdayaan SATLINMAS Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M (berhijab)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka secara Resmi Sosialisasi Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) dalam Rangka Ketentraman dan Ketertiban Umum se Kabupaten Tanggamus di Aula SMA 2 Negeri Islamic Center Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Rabu (12/07/2023).

Dikesempatan tersebut, Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih serta berharap agar seluruh pelaksanaan kegiatan dapat diikuti dengan serius dan seksama.

"Sehingga dapat tercapai tujuan sosialisasi yaitu meningkatnya wawasan pengetahuan keterampilan pembentukan sikap dan perilaku anggota satu dan masih tingkat pengakuan dan kelurahan di kabupaten serta ditulis juga guna meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan satpol PP Kabupaten Tanggamu maupun dengan intensif terkait seperti TNI-Polri sehingga tercipta ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat di wilayah Pekon dan kecamatan masing-masing," jelasnya.

Kalian semua, kata Bunda Dewi, para personil sat linmas nantinya akan menjadi garda terdepan yang akan bertugas untuk menjaga suasana yang aman, damai dan kondusif.

"Sekecil apapun permasalahan di lapangan agar dapat segera diketahui dan ditangani, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Oleh karena itu dukungan dan informasi dari semua unsur aparat keamanan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka menciptakan situasi Kabupaten Tanggamus yang tertib, aman dan tentram," ungkapnya.

Bunda Dewi mengimbuhkan bahwa semangat bergotong-royong dalam menjalankan tugas-tugas tentunya dalam menjalankan tanggung jawab kita memberikan perlindungan menciptakan ketertiban, keamanan, kenyamanan dan lain sebagainya.

"Inilah menjadi salah satu tujuan daripada dilaksanakan sosialisasi ini supaya Bapak-bapak ini menjadi sosok-sosok pelindung masyarakat yang memang mumpuni dan juga dapat diandalkan tentu harus disertai dengan kecakapan pengetahuan yang baik kemampuan untuk komunikasi berkoordinasi dan tahu apa yang harus dilakukan menghadapi situasi yang berada di lapangan," paparnya.

Selanjutnya, lanjut Bunda Dewi, kita laksanakan pertemuan sekaligus sosialisasi ini merupakan langkah yang tepat.

"Seperti kita tahu bahwa saat ini kita berada pada tahapan pemilu 2024, pemungutan suara pileg dan pilpres dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Oleh karena itu sat linmas memiliki peran yang besar dalam pemilihan umum serentak 2024. Karena itu anggota harus dipersiapkan sebaik mungkin menjelang pemilu," tuturnya mengakhiri sambutan.

Sementara Kapolres Tanggamus, Siswara Hadi Chandra  menyampaikan terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif hal ini penting. Karena menurutnya ada sebuah teori yang menyatakan bahwa terwujudnya situasi aman terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif yang stabil yang mantap akan selalu bertumpu, akan selalu berawal dari peran serta masyarakat itu sendiri.

"Artinya sekeras apapun aparat keamanan Kepolisian, TNI, jajaran Pemerintah Daerah, Kejaksaan, Pengadilan, seluruh aparat hukum yang lain telah berusaha keras untuk bisa mewujudkan situasi keamanan yang stabil, situasi keamanan yang kondusif. Tanpa adanya dukungan, tanpa adanya peran serta, tanpa adanya partisipasi dari seluruh komponen masyarakat yang ada di kalangan masyarakat yang ada di lingkungan-lingkungan kita, maka upaya itu nyaris tidak ada gunanya," jelas Chandra.

Dijelaskan juga olehnya bahwa kondisi realita yang sebenarnya ada di lingkungan masing-masing, maka peran dari Bapak-bapak Linmas yang ada sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Bukan hanya sebagai perangkat pelengkap jajaran pemerintahan di tingkat desa ataupun kecamatan. Tapi Bapak-bapak inilah yang nantinya akan menjadi tokoh sentral yang nantinya akan berperan sangat penting dalam membantu seluruh aparat penegak hukum yang ada untuk bisa mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif," imbuhnya.

Karena itu Chandra berharap dari para anggota Linmas sumber-sumber informasi tentang bagaimana situasi terkini di lingkungan dan bagaimana cara untuk mengatasi situasi tersebut.

"Karena beriring dengan kemajuan zaman dengan peningkatan teknologi segala macam bentuk informasi bisa diterima oleh masyarakat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," tandasnya. 

Sebelumnya Sekretaris Satpol-PP Tanggamus, Nashur As mewakili Plt Kasat Pol-PP, Alkat Alamsyah mengatakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perlindungan masyarakat dalam rangka ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, akan dilaksanakan di 20 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, dengan melibatkan 1200 satuan perlindungan masyarakat yang berasal dari 299 Pekon/desa dan 3 kelurahan.

"Pada hari ini kita laksanakan untuk tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Kota Agung, Kota Agung Barat dan Kota Agung Timur dengan setiap kecamatan terdapat 60 personil, dengan jumlah personil yang mengikuti saat ini 180 orang personil, dengan menghadirkan narasumber yang berasal Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP)," urainya.

Kegiatan ini, lanjut dia, bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait tugas pokok dan fungsi dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) didalam menjalankan tugasnya berdasarkan Permendagri nomor 26 tahun 2020.

"Terimakasih atas kerjasama semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini sehingga berjalan aman dan lancar,"pungkas Nashur yang juga selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini.

Diketahui dalam sela acara dilaksanakan juga penyematan tanda peserta secara simbolis dari Bupati Tanggamus kepada Anggota Linmas.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tanggamus, AKBP Siswara Hadi Chandra; Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Masyarakat, Suaidi;  PLT Kasat Pol PP, Alkad Alamsyah, Kepala Dinas PMD yang di wakili Eko Didi Darmadi; Ketua Pelaksana Kegiatan Sekretaris Pol PP, Nashur As; Camat Kota Agung Pusat; Camat Kota Agung Timur; Camat Kota Agung Barat dan Seluruh Para Peserta Linmas. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar