Sudirman D. Hury - Putra Daerah Pesibar, Sosok Visioner Dengan Intelektual Mumpuni

DR. Hi. Sudirman D. Hury. SH,.MM,.MSc Gelar Temenggung Jaya Angkasa

BlogGua, Lampung - Ketua Umum Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya,  Hi. Sudirman D. hury. gelar Temenggung Jaya Angkasa, merupakan sosok Putra Daerah Pesisir Barat (Pesibar) asal Krui, seorang Visioner dengan Intelektual mumpuni.

Sudirman mengatakan, pemimpin adalah motivator bukan menjadi instruktur. Artinya pemimpin bukan sekedar memerintah. Namun mampu menjadi contoh tauladan baik berupaya mengangkat dan meningkatkan kualitas Potensi seluruh jajarannya. Sehingga bekerja maksimal yang muaranya adanya kesejahteraan, kemaslahatan, kenyamanan dalam jajaran itu. 

"Kalau ia suatu organiasi pemerintah maka akan berimbas kepada peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat  yang dipimpin,"jelasnya saat bertemu di Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten  Pesisir Barat Provinsi Lampung, Kamis (10/02/2022). 

TP Sriwijaya,  kata dia, sebagai suatu organisasi kemasyarakat berperan bersama pemerintah bersatu padu membangun kemajuan masyarakat, khususnya di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan umumnya untuk bangsa dan negara. 

Sudirman merupakan Ketua umum (Ketum)  Tenaga Pembangunan  (TP) Sriwijaya periode tahun 2021-2026 mengatakan, organisasi kemasyarakatan tersebut bersinergi dengan pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh wilayah Sumbagsel mendampingi melalui berbagai program dalam upaya memajukan masyarakat dan  wilayah, khususnya di Sumbagsel dan umumnya untuk bangsa dan negara RI. 

"TP Sriwijaya, organisasi bersifat kekeluargaan. Kepengurusan di organisasi ini berasal dari berbagai disiplin ilmu. TP Sriwijaya hadir ditengah masyarakat, untuk bersatu padu mendampingi pemerintah daerah dalam rangka kemajuan Sumbagsel khususnya, bangsa dan negara pada umumnya. TP Sriwijaya bergandengan tangan dengan pemerintah daerah baik provinsi kabupaten kota untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka memajukan wilayah Sumbagsel,"tuturnya.

Di TP Sriwijaya, lanjut Sudirman, baik pengurus harian atau dewan yang ada berasal dari pakar - pakar dari berbagai disiplin ilmu. Oleh karena itu , menurut Dia, TP Sriwijaya merupakan organisasi yang kuat. Karena didukung oleh para SDM yang memiliki keahlian dibidangnya masing - masing. 

"Kolaborasi dan sinergi inilah yang menjadi tujuan utama dari organisasi kemasyarakatan ini agar program - program kerja yang disusun selama ini bisa bersinergi, setidaknya bisa sejalan dengan program kerja pemerintah daerah baik kabupaten/kota, provinsi dan sebagainya," kata Sudirman yang merupakan mantan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan yang saat ini menjabat sebagai  Assessor SDM Aparatur Ahli Utama Kemenkumham Republik Indonesia.

Sudirman menambahkan, TP Sriwijaya telah memiliki pengurus  daerah, pengurus cabang di lebih dari 50 persen di seluruh Indonesia.

"Baru baru ini kami melakukan rapat pengurus daerah di Sumsel, akan disusul lagi oleh Lampung, Bengkulu, Jambi bahkan akan disusul loleh Kalimantan Barat, Denpasar, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagainya. yang sudah melakukan rapat pengrus daerah yaitu Sumatera Selatan dan Jawa Barat, nanti menyusul daerah - daerah lain seperti Lampung dan seterusnya," kata dia.

Meskipun TP Sriwijaya netral tidak memihak dengan Partai Politik manapun. Namun pihaknya juga, kata Sudirman, turut mengikuti jalannya konstelasi politik di pusat dan daerah jelang tahun politik 2024 mendatang. 

"Kami melihat 2024,  sudah kelihatan nanti konstelasi politik yang terencana menghadapi pemilukada, pemilu tentu kontribusi TP Sriwijaya diharapkan, walaupun organisasi ini netral tidak memihak kepada parpol manapun. Namun tentunya secara personal masing - masing memiliki kemampuan di semua aspek ekonomi budaya. Saya sebagai Ketum TP Sriwijaya tidak pernah menutup kesempatan bagi semua pengurus anggota dan simpatisan untuk berkontribusi terhadap parpol atau apapun. Namun pada dasarnya TP Sriwijaya sebagai organisasi milik masyarakat tidak boleh memihak kepada salah satu kandidat," urai dia.  

Sudirman D Hury menjadi ketum ke 12 TP Sriwijaya untuk periode tahun 2021-2026 menggantikan ketum sebelumnya yang dijabat oleh Komjen Pol (P) Susno Duadji. Sudirman D’Hurry tercatat sebagai Putra Lampung pertama yang menjabat sebagai Ketum TP Sriwijaya. 

Pria kelahiran Krui ini terpilih menjadi Ketum organisasi itu, Dalam Musyawarah Besar ke XII, TP Sriwijaya,  Sabtu 23 Januari 2021, yang  diikuti oleh Dewan Pembina, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Pengurus Pusat, Badan-badan otonom Srikandi TP Sriwijaya dan 12 Pengurus Daerah (Pengda) TP Sriwijaya diantaranya Pengda DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau. (SuWari)