Babinsa Kodim 0412 Lampung Utara Pantau Pos Ronda di Punai Indah

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Ronda Malam bentuk dari kegiatan Siskamling merupakan salah satu kegiatan rutin warga untuk menciptakan suasana aman dan kondusif. Patroli Babinsa Kodim 0412 Lampung Utara dan Ketua LK 01 di Pos Ronda yang beralamatkan di Jalan Punai Indah RT 01/LK 01 Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung merupakan tindakan positif atas himbauan Lurah Tanjung Harapan, Senin (08/05/2023) malam. 

Dasar Siskamling telah memiliki kekuatan hukum melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 23 tahun 2007. Peraturan ini secara umum terdiri dari beberapa Bab, yaitu BAB I Ketentuan Umum, BAB II mengenai Pembentukan, Fungsi, dan Komponen Siskamling, dan BAB III mengenai Pos Kamling, dan BAB IV mengenai Pembinaan Siskamling, dan BAB V mengenai Ketentuan Penutup.

Dengan adanya peraturan Kapolri tersebut, dalam BAB II Pembentukan, Fungsi, dan Komponen Siskamling, dinyatakan dalam pasal 4 bahwa pelaksana Siskamling bertugas pula memmberikan peringatan-peringatan untuk mencegah antara lain terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran, banjir, dan bencana alam.

Dalam BAB Pos Kamling juga terdapat peraturan yang menyatakan bahwa dalam pos kamling seharusnya terdapat petunjuk dalam menghadapi bencana alam, kebakaran, atau bencana lainnya, serta penanganan terhadap gangguan kejahatan dan tertangkap tangan.

Apalagi jika kegiatan tersebut selalu rutin Dipantau/Dikontrol oleh Babinsa dan Babinkantibmas, tentu menambah semangat  bagi warga setempat.

Dalam hal ini, Babinsa Kodim 0412 Lampung Utara didampingi Ketua LK 01 Kelurahan Tanjung Harapan, H.Admaja turun langsung memonitoring setiap Posko Ronda Malam di wilayah binaannya.

Dengan adanya pantauan tersebut, dirasa dapat membuat Shock Terapi hati warga setempat agar tergugah kesadarannya untuk tetap semangat dan lebih giat lagi mengikuti kegiatan Ronda Malam sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

Dari pantauan, Babinsa Kodim 0412 Lampung Utara benar menjalankan tugasnya guna memonitor langsung Pos Ronda Malam di seputar Kelurahan Tanjung Harapan didampingi Ketua LK. 01 Hi.Admaja. Namun sangat diharapkan monitoring setiap Pos Ronda selanjutnya dapat dilaksanakan bersama Tim yang terdiri dari TNI/POLRI dan Uspika Kecamatan. (*/Rasyid)

Diberitakan sebelumnya, Lurah Tanjung Harapan, Syahrir Ependi berharap sekaligus menghimbau warga agar aktivitas Ronda Malam tetap berjalan hingga seterusnya, mengingat situasi menjelang Pilkada, Pileg dan Pilpres. {...}

Baca selengkapnya: Lurah Tanjung Harapan Himbau Warga Agar Tetap Aktif Ronda Malam

0 Komentar

Silahkan Komentar