TPQ Bustanul Falah Butuh Uluran Tangan

BlogGua, Lampung - Lebih 30 tahun sejak berdiri 1990 silam, Taman Pendidkan Qur'an (TPQ) Bustanul Falah Pringsewu belum pernah mendapat perbaikan.

Oleh karenanya, pengelola TPQ yang didirikan dan dikelola oleh KH. Hambali, ketua MUI setempat, berharap bantuan dari para dermawan.

Sebagai lembaga pendidikan non-formal,  TPQ Bustanul Falah masih menempati rumah pribadi berupa bangunan tua berukuran 10×10 meter yang dihibahkan dan difungsikan sebagai ruang kelas sebanyak 3 ruang, yang juga menjadi tempat tinggal pengajar.

Pengelola TPQ Bustanul Falah Ustadz Husnurribat yang merupakan putra kedua KH.Hambali didampingi sang istri, Ustadzah Nurul Hidayani Al-Hafidzah mengatakan selain mengaji Al-Qur'an dan Iqro', TPQ Bustanul Falah juga mangajarkan materi pelajaran lain seperti Fiqih Dasar, Tajwid, Tauhid, Maulid Barzanji, Maulid Diba'iyah, Hadroh, Hafalan Surat Pendek dan Juz 30, dengan menitiktekankan bacaan tartil.

"Alhamdulillah, hingga kini telah meluluskan santri sebanyak 13 kali setiap dua tahun sekali. Ini merupakan bukti keseriusan TPQ Bustanul Falah dalam melestarikan Al-Qur'an sejak dini, sebagaimana pesan pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Kediri, (Alm) Ibu Nyai Rodliyah Djazuli, bahwa setelah mondok kalau sudah di rumah tetap harus mengaji walaupun hanya mengaji alif, karena berkahnya luar biasa," ujarnya, Senin (11/07/22). 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa saat ini TPQ Bustanul Falah tengah melakukan kegiatan renovasi bangunan agar proses belajar-mengajar dapat berjalan maksimal dan nyaman, dimana rumah tempat belajar santri yang sebelumnya sempit dan pendek dirobohkan dan akan dibangun dua lantai, yang dananya bersumber dari para dermaan dan pemerintah daerah.

"Tentunya masih banyak kekurangan dalam pembangunan gedung tersebut. Sehingganya dibutuhkan uluran tangan dari jamaah kaum muslimin dan muslimat serta para dermawan,"katanya. 

Bantuan, lanjut Ustadz Husnurribat, bisa dalam bentuk dana maupun material yang dapat disalurkan langsung melalui rekening Bank Lampung dengan nomor 384.03.01.15977.5,  atau datang langsung ke lokasi di Jalan KH.Ghalib, Gang Lumpurjaya II, Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, atau dapat menghubungi nomor Ketua Panitia, Ustadz Husnurribath  yaitu 0821 75574663. (*/ Isnanto Hapsara)