Adipati Hadiri Pelantikan HARPI Way Kanan

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya

BlogGua, Lampung - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya bersama Ketua TP-PKK, Hj. Dessy Afriyanti Adipati Menghadiri Acara Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kabupaten Way Kanan, di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan, Lampung, Selasa (14/06/2022).

Dikesempatan tersebut, Bupati Way Kanan menyampaikan, dalam perkembangannya dewasa ini tata rias pengantin telah banyak mengalami perubahan dan modifikasi, yang mengakibatkan nilai-nilai adat istiadat mulai tergerus oleh perkembangan zaman.

"Perubahan ini sangat terasa terjadi dalam penyelenggaraan pernikahan baik dari prosesi upacara adatnya mapun busana dan tata rias pengantin itu sendiri, pergeseran ini tidak hanya dipengaruhi oleh perkembangan fashion yang ada tetapi juga penggunaan adat budaya dalam pelaksanaan acara sakral masih dipakai setengah-setengah dan cenderung tidak dipakai sama sekali,"jelasnya.

“Untuk itu saya berharap keberadaan organisasi HARPI Melati di Kabupaten Way Kanan terus dapat menjaga dan melestarikan budaya maupun adat istiadat yang ada di Kabupaten Way Kanan,” ucap Adipati

Bupati Adipati menjelaskan Sejalan dengan tema yang diangkat pada hari ini yakni, Dengan Semangat Baru Mari Kita Gali dan Lestarikan Adat Budaya Nusantara Melalui Tata Rias Pengantin Indonesia Yang Berkompeten, untuk itu dengan dilantiknya Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HARPI ”MELATI” Kabupaten Way Kanan Periode Tahun 2022-2027 pada hari ini merupakan momentum yang sangat strategis dalam upaya menjaga kekayaan khasanah budaya khususnya budaya lampung di bidang tata rias

“Saya menaruh harapan besar kepada pengurus baru untuk sesegera mungkin dapat melahirkan ide dan gagasan baru serta dapat berperan serta memberi manfaat bagi masyarakat secara umu,” tutur Adipati.

Masyarakat Kabupaten Way Kanan yang memiliki cita rasa seni yang sangat tinggi, menjadikan tata rias pengantin sebagai sebuah wadah kreativitas dalam melahirkan berbagai bentuk tata rias pengantin lampung yang menampilkan keagungan dan keindahan bagi penikmatnya, tentunya kemewahan yang tercermin dalam tata rias pengantin lampung harus tetap berlandaskan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kabupaten Way Kanan.

Adipati berharap dengan adanya HARPI yang merupakan wadahnya ahli tata rias pengantin, dapat menjaga kekhasan serta kekayaan budaya melalui tata rias pengantin

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Dharma Wania Persatuan, Vorian Melita Saipul, Ketua DPD Harpi Melati Provinsi Lampung, Imam Kasma Junelis, Ketua DPC Harpi Melati Kabupaten Way Kanan, Eko Dwi Purnama Wati, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Machiavelly Herman Tarmizi, S.STP.,M.Si, Kadis Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Taufik Hidayatno, S.STP, M.Si, Camat Blambangan Umpu, Akhmad Syapari, S.Ag. (kmf)