Sekda Way Kanan Pimpin Rakor pra-Verifikasi Lapangangan KLA

BlogGua, Lampung - Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul, S.Sos.,M.IP memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pra Verifikasi Lapangan Hibrid Kabupaten Layak Anak Tahun 2022 di Ruang Rapat Utama Pemda Way Kanan, almpung, Rabu (11/05/2022).

Dalam arahannya, Sekda Saipul mengatakan bahwa terkait dengan Persiapan Pra VL Hibrid KLA, ada beberapa strategi percepatan KLA yang harus dipersiapkan oleh Gugus Tugas, yaitu Mengoptimalkan seluruh potensi secara merata disemua klaster, Integrasikan program kebijakan dengan 24 indikator KLA agar komprehensif, Melibatkan peran 4 pilar pembangunan (Pemerintah, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Media), Memanfaatkan fungsi Gugus Tugas KLA secara penuh (lintas sektor), Perbanyak inovasi serta Penataan/Penguatan Regulasi. Selain itu, terdapat komponen kunci dalam semua indicator KLA, yaitu Adanya Peraturan/Kebijakan Daerah tentang KLA, Persentase anggaran yang dialokasikan untuk KLA, Sumber daya terlatih Konversi Hak Anak, Keterlibatan Forum Anak/Kelompok Anak, Kemitraan antar Pemangku Kepentingan dalam pengembangan KLA, Keterlibatan Lembaga Masyarakat dalam KLA, Kemitraan dengan Dunia Usaha dalam KLA serta Kemitraan dengan Media dalam KLA dan Inovasi dalam KLA.

Pada kesempatan yang sama, Kadis P3AP2KB melaporkan bahwa pada Tanggal 7 Maret sampai dengan 9 April 2021 lalu telah dilakukan Evaluasi Mandiri KLA dengan berbasis data dan kegiatan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak Tahun 2021. Dan pada Evaluasi Mandiri tersebut, Kabupaten Way Kanan memperoleh skor 927,1. Sehingga Hasil Verifikasi Administrasi Evaluasi KLA, skor Kabupaten Way Kanan menjadi 688,0 dan akan dilakukan Verifikasi Lapangan secara Hibrid. 

Diketahui, Kabupaten Way Kanan berhasil meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2020 Tingkat Pratama yang diserahan langsung oleh Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga di Mahan Agung Provinsi Lampung pada 27 November 2021 lalu yang diterima oleh Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama dengan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Tingkat Pratama. 

Dihadiri juga oleh Fasilitator KLA Way Kanan, Toni Fisher, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, Selan, S.Sos.,M.M, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Indra Kesuma, S.Sos, serta kepala dan unsur SKPD yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA Way Kanan. (kmf)