Kepala Puskesmas Wira Bangun Jemput Warga yang Sakit

Proses Penjemputan Warga yang Sakit

BlogGua, Lampung - Kepala Puskesmas Wira Bangun, Hendri bersama dengan tim kesehatan puskesmas setempat menjemput seorang warga yang sedang sakit untuk di bawa berobat langsung ke puskesmas menggunakan mobil ambulance di Wira Bangun, Simpang Pematang, Mesuji, Lampung Selasa (12/04/2022).

Dikatakan Hendri, pihaknya baru mengetahui kalau ada warga yang sakit sudah hampir sepuluh hari namun tidak dibawa ke puskesmas itu pun dari warga yang menelpon.

Menurut Hendri hal seperti ini mustinya tidak boleh terjadi lagi karena ini menyangkut nyawa manusia, dia pun berharap peran serta masyarakat terutama tenaga kesehatan yang ada di desa-desa seperti bidan desa itu harus peka terhadap lingkungan dan bisa mengkoordinasikannya ke puskesmas atau ke rumah sakit.

"Saya baru tau tadi pagi, itu pun dari masyarakat yang memberitahu saya lewat telepon, bahwa ada masyarakat Wira Bangun tepatnya di RK. 05 yang sudah sepuluh hari terbaring sakit dan belum mendapatkan penanganan medis,"tuturnya.

Mendengar hal tersebut, Hendri bersama tim segera bergerak mencari tahu keberadaannya dengan membawa mobil ambulance.

"Setelah kita cari dan datangi alamat itu, teryata benar ada seorang Ibu muda An. Ibu Harsih (38) yang sedang terbaring dan  mengeluh sakit pada tangan, kaki dan pinggangnya.t Tdak menunggu lama dengan persetujuan keluarga, selanjutnya yang bersangkutan kami bawa ke puskesmas Wira Bangun untuk di rawat dan di berikan penanganan medis,"paparnya.

Masih di waktu yang sana, Darmono (40) suami Ibu Harsih mengucapkan terimakasih kepada Kepala Puskesmas dan tim yang sudah mau membawa dan memberikan penanganan medis kepada istrinya.

Menurut Darmono, memang istrinya sudah sepuluh hari terakhir terbaring di tempat tidur mengeluh sakit pada kaki, tangan dan pinggang sampai tidak dapat berdiri. dengan ketidak pahaman dan keadaan yang sangat sederhananya sehingga Darmono tidak berani membawa istrinya ke rumah sakit.

"Terimakasih bapak Kepala Puskes, Pak Dokter dan semuanya saya ini orang gak ngerti dan orang gak punya makanya saya takut dan gak berani bawa istri saya ke rumah sakit, saya senang dan terharu melihat kedatangan bapak dokter yang mau membawa istri saya ke puskesmas, hanya Alloh yang bisa membalas kebaikan bapak-bapak dan ibu semuanya. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, tolong obati dan sembuhkan istri saya pak,"pungkasnya sembari mata berkaca-kaca. (Yudha)