Pemerintah Pringsewu Raih Dua Penghargaan BPKP RI

Suasana Penyerahaan Penghargaan

BlogGua, Lampung - Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu menerima 2 penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI.

Kedua penghargaan tersebut, masing-masing atas prestasi dan pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3, serta prestasi dan pencapaian Manajemen Resiko Indeks Level 3, diserahkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sumitro kepada Bupati Pringsewu, Sujadi di Ruang Kerja Bupati Pringsewu,Lampung, Senin (18/04/2022).

Turut mendampingi bupati, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Hasan, Inspektur Andi Purwanto serta sejumlah kepala perangkat daerah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Sumitro mengatakan dengan dicapainya SPIP Level 3, artinya Pemkab Pringsewu telah mampu mengelola kinerja dengan baik, tidak hanya merumuskan tetapi juga sudah mempunyai indikator-indikator untuk mencapai target, dan mampu menyusun strategi untuk mencapai tujuan dan target itu sendiri, dimana setiap kegiatan dan sub kegiatan rata-rata sudah sejalan dengan tujuan dan sasaran yang menjurus pada pencapaian dan kebijakan program yang terdapat pada visi dan misi Bupati Pringsewu.

Menurut Sumitro, pihaknya selalu menjadikan Pemkab Pringsewu sebagai contoh yang baik terhadap tata kelola pemerintahan, baik kualitas inspektorat, kualitas SPIP maupun kualitas manajemen resiko. "Dengan adanya SPIP yang bagus, tentunya kualitas LKPD Kabupaten Pringsewu selalu mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK," ujarnya.

Sementara itu, terkait 2 penghargaan tersebut, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakannya sebagai anugerah besar.

"Kedua piagam penghargaan merupakan tanggungjawab bahwa Pemkab Pringsewu dalam bekerja harus betul-betul seperti yang ada di kedua piagam penghargaan tersebut," katanya.

Bupati Pringsewu juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada BPKP yang selama ini sudah mendampingi dan memperhatikan kinerja Pemkab Pringsewu. Keberhasilan ini, menurutnya juga merupakan keberhasilan BPKP dalam melakukan bimbingan serta pembinaan kepada Pemkab Pringsewu.

Kedua penghargaan tersebut, lanjut Bupati Pringsewu Sujadi, merupakan bagian dari pertanggungjawaban pemerintah kepada bangsa dan negara, terutama kepada rakyat, kaitan dengan pengelolaan pemerintahan. "Saya berharap mudah-mudahan penghargaan ini bisa dipertanggungjawabkan. Secara kebetulan diserahkan pada menjelang malam 17 Ramadhan, semoga menjadi bagian dari kebaikan dalam membangun Kabupaten Pringsewu," harapnya. (kmf/Isnanto Hapsara)