Gubernur Lampung Dampingi Menteri Koperasi dan UKM Turun ke Kabupaten

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi (kanan)

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung meninjau UMKM yang berada di Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran, Rabu (8/9/21).

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Pringsewu, Bupati Pesawaran, Kepala Perwakilan BI Lampung, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung diantaranya Kadis Koperasi & UKM, Kadis Perindustrian & Perdagangan, Kadis Kelautan & Perikanan, Kadis Kominfotik, Plt Kadis Perkebunan.

Kunjungan di Pringsewu

Menteri Koperasi & UKM beserta Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Bupati Pringsewu meninjau Rumah Produksi Rafins Snack yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.2 Pajaresuk. UMKM Rafins mengolah produk perikanan berupa ikan patin sebagai bahan dasar menjadi makanan ringan/snack.

Pemilik Rafins Snack, Muhammad Ravie, menjelaskan secara detil proses pengolahan makanan ringan berbahan baku ikan patin sampai menjadi produk UKM Rafins Snack.

Muhammad Ravie menjelaskan bahwa saat ini, selain di tingkat lokal dan nasional, produk Rafins Snack juga telah berhasil menembus pasaran mancanegara, diantaranya Mesir, Cina, dan Singapura. Muhammad Ravie juga menjelaskan tagline produk popRafins yaitu "Snacknya Anak Bangsa".

"Dengan membeli produk ini, kamu telah membantu para nelayan di Indonesia dan membantu anak bangsa dalam bersaing," terang Muhammad Ravie menjelaskan maksud dari tagline produknya tersebut.

Dalam kesempatannya, Menteri Koperasi & UKM mengatakan produk Rafins ini memiliki peranan yang penting dalam mendorong anak-anak muda untuk mengembangkan bisnis.

"Banyak potensi di setiap daerah, asal ide ada kemauan. Ayo tiru Muhammad Ravie, membangun ekonomi, membawa kesejahteraan untuk kampung halaman, dan produk ini bisa masuk ke pasar ekspor," ucap Teten Masduki.

Kunjungan di Pesawaran

Setelah sebelumnya meninjau rumah produksi pengolahan produk Rafins di Pringsewu, Menteri Koperasi & UKM beserta Gubernur Arinal Djunaidi bertolak menuju Hortipark Kabupaten Pesawaran.

Didampingi Bupati Pesawaran, Menteri Koperasi beserta Gubernur Arinal meninjau pemrosesan produk coklat di Pabrik Mini Pengolahan Kakao Andan Jejama.

Selanjutnya, Menteri Koperasi meresmikan Gedung Galeri Cokelat IKM dan UMKM sekaligus melakukan penapisan perdana Tapis Al'quran Akbar 30 Juz, berukuran 2x3 meter.

Teten Masduki mengatakan, pembangunan Gedung Galeri Coklat IKM dan UMKM ini merupakan suatu ide yang bagus karena diperuntukkan sebagai galeri UMKM. Teten Masduki juga mendorong Gedung Galeri Coklat ini untuk dijadikan tempat pelatihan-pelatihan guna pengembangan produk UMKM. 

"Ini nanti bisa dihubungkan dengan Smesco di Jakarta, dimana nanti Smesco mempunyai konsep bisnis untuk menghubungkan B2B-nya, jadi untuk mendekatkan produsen-produsen UMKM dengan buyer," ujar Menteri Koperasi & UKM. (Diskominfotik)