Menteri Suharso Akan Segera Kirim Bantuan ke Palestina

courtesy meeting

BlogGua, Jakarta - Adapun beberapa jenis bantuan yang akan diberikan antara lain peningkatan penguatan ketahanan ekonomi dan kualitas hidup, pelayanan kesehatan dan rehabilitasi fisik, kegiatan pemulihan air dan habitat.

Hal tersebut dikatakan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa usai melakukan courtesy meeting bersama The International Committee of the Red Cross (ICRC) secara virtual, Senin (5/07/2021).

"Penyaluran bantuan tersebut saat ini statusnya masih dalam proses pembahasan nota kesepahaman dengan Kementerian Luar Negeri,"imbuhnya.

Sementara itu, lanjut Suharso, target penerima bantuan adalah penduduk Palestina termasuk tahanan asal Gaza dan West Bank. Sebagaimana yang telah dibahas dalam pertemuan secara virtual bersama ICRC, yakni rencana penyaluran bantuan kemanusiaan ke Palestina melalui ICRC.

Untuk diketahui, The International Committee of the Red Cross (ICRC) merupakan organisasi kemanusiaan yang terbentuk tahun 1863 dan berkantor pusat di Jenewa. Tujuan ICRC adalah memastikan perlindungan dan memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban dalam konflik bersenjata dan kekerasan. 

ICRC melaksanakan aksi kemanusiaan dan pengembangan Hukum Humaniter Internasional (HHI) berdasarkan Konvensi Den Haag tahun 1899 dan 1907 tentang Cara dan Alat Perang, Konvensi Jenewa I-IV tahun 1949 tentang Perlindungan Korban Perang dan Protokol tambahan I-II tahun 1977 tentang Konflik Bersenjata Internasional dan Non Internasional, serta Protokol III tahun 2005 tentang pembedaan lambang. 

ICRC mulai bekerja di Indonesia sejak tahun 1942 dan keberadaannya diakui secara formal oleh pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri pada tahun 1987. Kegiatan ICRC di Indonesia berfokus pada promosi HHI dan pengembangan kapasitas Palang Merah Indonesia.

(Kementerian PPN/Bappenas)

0 Komentar

Silahkan Komentar