Parosil Mabsus - Ike Edwin Bahas Destinasi Wisata Lampung Barat

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (Kanan)

BlogGua, Lampung Barat
– Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus  menerima audiensi mantan Kapolda Lampung Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Ike Edwin di Kebun Raya Liwa (KRL) Kubu Perahu, Balik Bukit, Lampung Barat (Lambar), Senin (07/06/2021).

Dalam pertemuan tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kominfo Lampung Barat, Padang Priyo Utomo. Dimana didalam pertemuan itu, Parosil dan Ike Edwin tengah membahas Destinasi Wisata Unggulan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Sebelumnya, Parosil Mabsus memaparkan, pariwisata unggulan yang dimiliki Lambar, salah satunya merupakan pariwisata yang langka dan hanya ada dua didunia, yakni Danau Keramik Kawah Nirwana yang berada di Kecamatan Suoh, Lambar dan Yellowstone yang berada di Amerika Serikat.

Selain itu, tambah Parosil,  beberapa Destinasi Wisata unggulan yang di miliki Kabupaten Lambar diantaranya Kebun Raya Liwa (KRL), Wisata Arung Jeram di Sumber jaya. Wisata Gerdai yang berada di Negeri Ratu, Temiangan Hil di Gedung Surian , Cagar Budaya Megalitik yang berada di Kebun Tebu serta wisata budaya kerajaan yang masih terpelihara dengan baik tersebar di beberapa Kecamatan Kabupaten Lambar.

“Kabupaten Lambar ini merupakan Surga yang tersembunyi dan hampir semua objek wisata dimiliki Kabupaten Lambar dimulai dari gunung, taman, danau hingga wisata budaya,”ujar Parosil seraya mengibaratkan “Kabupaten Lambar merupakan Surga yang tersembunyi, Wisata yang ada di Lampung Barat ini komplit, semua ada mulai dari keindahan gunung, danau, hingga wisata budaya, semua ada disini,” imbuhnya.

Dikatkan juga, Pemerintah Daerah Lampung Barat sedang mengembangkan sejumlah Potensi Wisata Lainnya dan telah memberikan perhatian yang lebih untuk mempromosikan serta menjual berbagai macam Destinasi Wisata yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, sehingga nantinya dapat memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.

“Sebagai upaya peningkatan pengunjung wisatawan, Pemkab Lambar melakukan berbagai macam upaya diantaranya Festival Budaya, Festival Bumi Skala Brak, Festival Kebangsaan termasuk juga Festival Kopi,” kata Parosil.

Disamping itu Pemkab Lambar juga mempunyai gagasan, yakni membangun Sekolah Kopi, Kampung Kopi dan juga mengadakan Festival Kopi.

Sekolah Kopi dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan cara menanam, memelihara dan merawat Kopi untuk meningkatkan Produktivitas Kopi. Sekolah kopi itu juga bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat bagaimana kopi ini mempunyai nilai tambah.

“Petani Jaya Indonesia Maju,” cetus Parosil Mabsus.

Disisi lain, Ike Edwin memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Pemkab Lambar yang telah memiliki banyak objek wisata yang begitu lengkap.

“Saya bangga Kabupaten Lampung Barat mempunyai Berbagai macam Destinasi Wisata yang lengkap dimulai dari Objek Wisata Gunung, Objek Wisata Danau hingga Objek wisata Budaya,” kata mantan Kapolda Lampung yang kerap disapa Dang Ike.

Menurut Dang Ike, Kabupaten Lambar juga sudah menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari dibangunnya Kebun Raya Liwa (KRL) yang berada di pusat kota dengan di kelilingi Bukit Barisan,”Sehingga bisa di bilang Negeri Diatas Awan,”pungkasnya.

(Diskominfo)