Gebyar Bonsai, Bumi Skala Bekhak Tahun 2021

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (Payung Merah)

BlogGua, Lampung Barat
- Bonsai merupakan suatu karya seni yang cukup populer dikalangan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. khususnya di Indonesia, seni bonsai dari  tahun ke tahun terus berkembang dengan pesat, hal ini ditandai dengan terus bertambahnya  cabang-cabang organisasi perkumpulan penggemar bonsai di tiap-tiap daerah, menyebar di seluruh penjuru tanah air.

Hal tersebut dikatakan Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus dalam acara Gebyar Bonsai, Bumi Skala Bekhak Tahun 2021 di Komplek Kebun Raya Liwa (KRL) Kubu Perahu, Balik Bukit, Lampung Barat, Rabu (23/06/2021).

"Di dunia international bonsai Indonesia sudah cukup dikenal dan mendapat apresiasi yang luar biasa, para seniman bonsai indonesia pun mendapat tempat dikalangan pencinta bonsai manca negara,"imbuhnya.

Disamping itu Parosil mengapresiasi khusus atas kehadiran Bapak Ditjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh yang telah hadir membuka secara langsung pameran dan kontes bonsai yang terselenggara di Lampung Barat ini.

"Ini adalah kegiatan yang bermakna positif dalam merajut kebersamaan dan menjalin silaturrahmi serta dalam mempromosikan potensi seni bonsai,"kata Parosil.

Selain itu Parosil juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menunjukkan kecintaan terhadap konservasi, dan ini sesuai dengan salah satu dari tiga komitmen Kabupaten Lampung Barat, yakni Menjadikan Kabupaten berbasis Konservasi.

Sementara Ketua PPBI Lampung Barat, dr Widyatmoko Kurniawan mengatakan bahwa tjuan pameran dan kontes ini untuk menarik minat masyarakat agar mencintai bonsai. 

"Karena dapat meningkatkan ekonomi kreatif yang berbasis konservasi, serta menarik wisatawan di Lampung Barat,"imbuhnya.

dr. Widyatmoko juga menerangkan bahwa PPBI Lampung Barat diresmikan pada tahun 2019, Pameran dan Kontes ini sudah dua kali dilaksanakan, pertama pada tahun 2019 dan dilakukan lagi pada tahun 2021 saat ini.

"PPBI menyatukan pecinta bonsai yang  bersatu memajukan seni bonsai, karena bonsai merupaka seni yang banyak penggemarnya, disamping itu dalam masa pandemi ini meningkatkan pendapatan,"tukasnya.

Selanjutnya, Ditjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh menilai pameran dan kontes bonsai yang diadakan di Lampung Barat ini, adalah pameran terbaik dari seluruh Indonesia. 

"Ini tulus dari saya, saya melihat ekosistemnya itu dapat dikelilingi bukit juga gunung,"ujar Dr. Zudan seraya memuji,"Lampung Barat ini luar biasa, udaranya segar, saya menyebutnya ini Hidden Paradise 'surga yang tersembunyi',"pungkasnya.

Untuk diketahui, Pameran dan Kontes Bonsai Nasional, dengan kelas Prospek, Regional, Madya, Utama dan Bintang dimulai sejak tanggal 19 - 27 Juni 2021. Tim/Dewan juri menilai bonsai dari gerak dasar, penampilan keserasian dan kematangan. Peserta yang mengikuti Pameran dan Kontes Bonsai berasal dari berbagai daerah, yakni, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bandung, Jakarta dan Madura, tercatat sebanyak 719 pohon bonsai yang mengikuti Pameran dan Kontes tersebut.

Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim 0422/LB, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, dan dihadiri 200 Anggota PPBI dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Perwakilan Bengkulu, Sumatera Selatan, Bandung, Jakarta dan Madura, serta enam orang Dewan Juri, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung, Kadis Perkebunan Provinsi Lampung dan Kadis Kehutanan Provinsi Lampung.

(Diskominfo)