Tampung Keluhan Masyarakat, Pemkab Tanggamus Luncurkan SIKS-SLRT

BlogGua, Tanggamus - Bupati Tanggamus, Hj.Dewi Handajani diwakili Faturrahman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, hadiri sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Tahun 2020.Di Gedung Serumpun Padi Kecamatan Gisting, Selasa (12/08/2020).

Sambutan Bupati Tanggamus yang dibacakan Faturrahman, menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui Kemensos RI, program SLRT merupakan terobosan dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan pelayanan sosial harus lebih menjangkau masyarakat di tingkat akar rumput, Pemerintah pusat maupun kita harus lebih mengenali dan memahami permasalahan sosial di wilayah kita masing-masing, sehingga penanganannya lebih tepat sasaran.

"Salah satu tujuan dilaksanakannya Bimtek ini,agar Puskesos selaku Mitra Dinas Sosial mampu
menampung berbagai keluhan dan data Penerima
Bantuan dengan valid, dinamis dan tepat, dengan aplikasi ini masyarakat lebih mudah untuk
menyampaikan keluhannya,"katanya.

Lanjut Faturrahman, nantinya aplikasi ini kita akan mudah melakukan pembaruan data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan kemiskinan secara real-time.

"Penyelenggaraan SLRT dirancang untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat miskin dan
memberikan solusi layanan yang dibutuhkan secara cepat, tepat, efektif dan efisien serta terintegrasi.Dan SIKS-SLRT adalah tindak lanjut dari arahan Menteri Sosial RI yang menyatakan bahwa Sekretariat dan Puskesos di daerah adalah sebagai Pusat Aduan masyarakat dan aduan Bansos Covid-19 di Indonesia. Dalam penanganan aduan Bansos Covid-19, SLRT dan Puskesos harus selalu berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk pihak kepolisian dan gugus tugas Covid-19 di wilayah setempat. Serta dalam melaksanakan tugasnya, Petugas penyelenggara
SLRT harus mematuhi aturan Protokol Kesehatan," kata Faturrahman.

Mewakili Bupati, Faturrahman berharap kegiatan ini diikuti secara sungguh-sungguh oleh peserta sehingga dapat di implementasikan di lapangan apa yang menjadi kebijakan kita bersama sehingga benar-benar menjadi pelaksana penyelenggaraan SIKS-SLRT dan Puskesos yang handal dan professional.

"Demikian yang dapat disampaikan, akhirnya
dengan ucapan “bismillahirrahmannirrahim“ kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Sistem Layanan Rujukan Terpadu, secara resmi Saya nyatakan “DIBUKA”,tutup Faturrahman.

Sementara, Andi Kholil, Kabid Pengembangan Sosial mendampingi Kadis Sosial Kabupaten Tanggamus, Zulfadli mengatakan dengan adanya bimtek diharapkan agar puskesos pekon yang merupakan garda depan harus mampu dalam hal pelayanan kepada masyarakat dalam bidang fakir dan miskin.

"Dengan bimtek ini diharapkan puskesos sebagai operator pekon lebih handal dalam bekerja dan mendapat perhatian dari berbagai pihak,"kata Andi Kholil.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek, tim teknis SLRT Kementerian Sosial RI, Komisi IV DPRD Kabupaten Tanggamus, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tanggamus, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus, Kabag Hukum Setdakab Tanggamus, Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dinas PMD Kabupaten Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Gisting, Para Narasumber dan Para Peserta Bimtek.

(Roni/an)||editor:pzr