Pemkab Tanggamus Gelar Festival Pangan Balak 2018 Ajang Promosi Pariwisata

Bloggua CN, Tanggamus - Pemerintah Kabupaten Tanggamus, melalui Dinas Pariwisata, menggelar acara Pangan Balak. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT  RI Ke73 2018, dilangsungkan di Taman Wisata Muara Indah Kota Agung, Jumat 10 Agustus 2018.

Hadir langsung dalam kegiatan Pj Bupati Zainal Abidin, Ketua Anggota DPRD Heri Agus Setiawan, Kasdim 0424 Inf.  Suhada Erwin,  Perwakilan dari Kapolres Tanggamus,  Ketua TP PKK Hartati Zainal Abidin,  Plh.  Sekdakab Fb.  Karjiono,  Asisten III Firman Rani, para Anggota DPRD, Para OPD terkait, Para Camat,  serta para Undangan.

Dalam Laporan Kepala Dinas Pariwisata,  Retno Noviana Damayanti, menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan adalah Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Dinas Pariwisata No:76 Tahun 2016 Tanggal 29 Desember 2016.

Dengan Tema: " Dengan Festival Pangan Balak Kita Lestarikan Adat Budaya dan Potensi Wisata Kabupaten Tanggamus". Adapun maksud dan tujuannya adalah, Festival pangan balak untuk melestarikan adat dan budaya Kabupaten Tanggamus.

Sekaligus untuk mendongkrak kepariwisataan yang ada dangan cara menampilkan dan menumbuh kembangkan potensi pariwisata dan melestarikan adat budaya Tanggamus. Serta menggali potensi seni dan budaya di Tanggamus, utamanya mempromosikan obyek wisata unggulan Tanggamus.

Masih menurutnya, peserta Pangan Balak ini terdiri dari 60 peserta, yakni 36 SKPD,  17 dari Kecamatan, instansi vertikal  dan Organisasi Wanita Tangganus, serta 7 umum dari Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) dan sekolah-sekolah lingkup Kecamatan Kotaagung.  Selanjutnya, Festival Pangan  Balak meliputi : Pangan balak, hiburan, lomba pangan balak berupa Penyajian Rasa, nilai Gizi, dan unsur tradisi atau budaya.

Sementara itu, Pj  Bupati Zainal Abidin mengatakan bahwa, sektor pariwisata merupakan pemicu berkembangnya perekonomian demi meningkatnya pendapatan masyarakat. Ada 4 pilar penting untuk menciptqkan sektor pariwisata yg baik diantaranya: Aksebilitas, Amenitas, Atraksi, dan ansiliari.

Melalui kesempatan ini, diharapkan semua Dinas terkait, agar segera ambil peran sesuai dengan tupoksinya, untuk memajukan sektor pariwisata Tanggamus.  Kawasan Muara Indah ini adalah milik Daerah Kabupaten  Tanggamus, maka menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memajukan obyek wisata.

“Kedepan, saya berharap lokasi ini (Wisata Muara Indah) menjadi Rest Area dan pusat perekonomian baru di Kawasan Kotaagung dan sekitarnya.  Kemudian  dalam kegiatan ini, bisa menjadi Event rutin untuk melestarikan adat dan budaya Tanggamus, dalam menarik para wisatawan dimasa mendatang,”ungkapnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut diumumkan juga para pemenang lomba Festival Pangan Balak, diantaranya peserta dari OPD, juara 1 di raih Dinas PUPR dan juara 2 diraih BAPPEDA. Kemudian juara 3 diraih Dinas PMD, selanjutnya juara harapan di berikan kepada Biro PP-PA, Dinas Kesehatan dan BKPSDM.

Untuk Kecamatan, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Gisting, juara  2 Kecamatan Talang Padang, dan juara  3 kecamatan Kotaagung Pusat. Selanjutnya juara harapan diberikan kepada Kecamatan Ulu Belu, Kecamatan Cukuh Balak dan Kecamatan Bulok.

Lalu, peserta umum, juara 1 diraih oleh Pokdarwis Waylaan, juara2 SUPM, juara 3 diraih oleh Persit Kodim, dan Untuk juara penampilan terbaik adalah, terbaik 1 Dinas Ketahanan Pangan, terbaik  2 Kecamatan  Semaka, terbaik  3 Bank Lampung. (Red)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget