MUI Pesibar Diminta Mampu Tunjukkan Eksistensi di Tengah Masyarakat

Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H.,M.H

BlogGua, Lampung - Kepala Daerah Kabupaten Pesisir Barat meminta Majelis Ulama Indonesia Pesisir Barat (MUI Pesibar) mampu menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat.

Hal tersebut sebagaiamana yang dikatakan Agus Istiqlal saat menghadiri pelantikan pengurus MUI Pesibar periode 2023-2028, di GSG Selalaw Pantai Labuhan Jukung, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung, Rabu (18/10/2023).

"Untuk mewujudkan hal tersebut, maka harus didukung dengan manajemen organisasi dan konsolidasi yang baik serta diperlukan adanya integrasi program-program, mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten," arahan Agus Istiqlal selaku Bupati Pesisir Barat yang kerap disapa Udo Lal itu.

Karenanya, jelas Udo Lal, MUI Pesibar dituntut untuk memberikan pesan atau dakwah sesuai dengan kondisi atau kebutuhan masyarakat Islam, khususnya di Pesisir Barat.

Di awal sambutan Udo Lal mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus MUI Pesibar Periode 2023-2028. Kemudian berharap momen tersebut dapat meningkatkan silahturahmi demi terciptanya persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan umat Islam.

"MUI merupakan wadah atau sebuah majelis yang menghimpun para ulama, zuama, dan cendekiawan muslim Indonesia. Untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita- cita bersama, diantaranya: merajut kebersamaan atas dasar Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah dalam ikhtiar turut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kesatuan dan kerukunan nasional, serta demi terwujudnya umat Islam berkualitas dan berkarakter Islam Rahmatan Lil'alamiin," paparnya.

Orang No.1 di Pesisir Barat itu juga tidak lupa meminta peserta kegiatan tersebut untuk mendo'akan rakyat Palestina yang belakangan ini sedang mengalami konflik dengan Israel. 

"Dengan harapan saudara kita di Palestina senantiasa dilindungi Allah SWT dan cita-cita mereka untuk merdeka di atas tanah mereka sendiri terwujud," tuturnya.

Ditegaskan Udo Lal, komitmen Indonesia kepada perjuangan Palestina bukan basa- basi, maka dari itu warga Pesisir Barat harus mendukung perjuangan Palestina sampai kapanpun dan bahkan hingga Masjidil Aqsha kembali berada di tanah merdeka bagi bangsa Palestina.

"Eratkan simpul persaudaraan antara bangsa Palestina dan bangsa Indonesia. Semoga merdunya suaramu jadi pemantik doa kolosal untuk kemerdekaan bangsamu. Semoga sujudmu di tanah merdeka di nusantara ini membawa keberkahan yang bisa menghantarkanmu untuk membuat tempat sujudmu di Baitul Maqdis jadi tanah yang merdeka bagi bangsa Palestina," seruannya mengakhiri.

Sebagai informasi pula, pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan MUI Provinsi Lampung Nomor: Kep-066/DP-P.IX/IX/2023 tentang susunan kepengurusan Dewan Pimpinan MUI Pesibar Periode 2023-2028.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, Agus Cik; perwakilan MUI Provinsi Lampung, Suryani M Nur; para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, dan forkopimda Pesisir Barat. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar