Bupati Tanggamus Pembina Upacara Hari Pramuka ke-62 Tahun

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M (depan mic)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus bertindak sebagai Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke - 62 Tahun 2023 Kwarran Pematang Sawa di Bumi Perkemahan Pantai Khikit Pematang Sawa, Tanggamus, Lampung, Senin (14/08/2023).

Dikesempatan tersebut, Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus mengucapkan selamat hari pramuka kepada Kakak dan Adik seluruh insan gerakan pramuka se-Kabupaten Tanggamus, khususnya yang berada di Kecamatan Pematang Sawa.

"Semoga peringatan ini semakin menguatkan komitmen kita bersama dalam upaya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia dengan tema, Mari Kita Wujudkan sumber daya manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan,"harapnya.

Perlu terus dilakukan langkah-langkah nyata pembentukan karakter, lanjut Bunda Dewi, agar anak-anak bangsa termasuk di Tanggamus, dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tangguh, yang siap mempertahankan tegaknya Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

"Satu diantara langkah pembentukan karakter tersebut adalah melalui Gerakan Pramuka. Gerakan yang bertujuan pada pembentukan Sumber Daya Manusia secara utuh, kuat secara fisik dan mental, cerdas, disiplin, sekaligus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan bangsa, dan kasih sayang kepada sesama manusia," jelasnya.

Masih kata Bunda Dewi, merujuk pada begitu pentingnya pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka, sudah sepatutnya jika harus semakin menguatkan komitmen mendukung tumbuh kembangnya Gerakan Pramuka.

"Dengan Dasa Dharma Pramuka yang menjadi landasan atau janji Pramuka dalam bersikap dan bertindak, akan diperoleh pribadi yang berkarakter," tegasnya.

Disamping itu Bunda Dewi mengingatkan bahwa beberapa hari lalu telah melepas Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Tanggamus yang berjumlah 42 personil terdiri dari 10 orang Pembina/Official dan 32 orang peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional dari tanggal 14 s.d 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

"Kontingen kita disana nanti bergabung dan berbaur dengan lebih dari 25ribu peserta yang merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari seluruh Indonesia, serta utusan dari negara tetangga/sahabat dan perwakilan perhimpunan pandu dunia," jelasnya.

Untuk itu, Bunda Dewi merasa bangga dan mengapresiasi terhadap segala hal yang telah dikerahkan oleh Gerakan Pramuka Tanggamus dalam ikut membantu pelaksanaan menanggulangi bencana alam yang kerap menimpa.

"Adik-adik Pramuka pada saat itu menjadi relawan penanggulangan bencana yang tanggap, tangguh dan dapat bereaksi cepat sesuai standar operasional prosedur yang ditetapkan, sehingga mampu meminimalisir korban atau dampak bencana yang lebih besar," tandasnya.

Sementara, Panitia Pelaksana Upacara, Rian Adi Saputra dalam wawancaranya mengatakan pelaksanaan upacara dihadiri oleh seluruh jajaran juga Bupati Tanggamus sebagai Kamabicap.

"Harapan kedepannya, kegiatan ini akan lebih maju dan meriah lagi. karena beberapa tahun sebelumnya terkendala akibat pandemi covid-19, akibatnya kegiatan kami ini jadi fakum," imbuhnya.

Dia pun mewakili seluruh jajaran pramuka mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah terutama kepada Bupati Tanggamus. Karena dapat hadir mensupport dan mendukung kegiatan tersebu.

"Dalam kehadirannya ini menjadi kebanggaan dan kebahagian tersendiri bagi kami. Karena dapat menjadi motivasi dan semangat untuk anak-anak pramuka dalam melaksanakan kegiatan ini kedepannya," pungkasnya. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Tanggamus, Zulfadli; Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Tanggamus, Bagus; Camat Pematan Sawa, Saifuddin; KSPLP, Berlian; Ketua Panitia, Ansori; Kepala KUA Pematang Sawa, Ali Mubasir; Kakwaran Pematang Sawa, Sadewo; Panitia Pembina Kwaran dan Jajaran; Uspika Kecamatan; Kepala Pekon Betung; Kamabigus dan Kakak-kakak Pembina serta Adik -adik Pramuka. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar