BPBD Tanggamus bersama Ormas Gotong-royong Bangun Jembatan Bale di Gisting

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus dan RAPI Wilayah 03 Tanggamus, Majelis Tafsir Al-Qur'an Kab Tanggamus, MDMC serta masyarakat setempat kembali bergotong-royong untuk membuat jembatan darurat berupa Bale yang terletak di Pekon Gisting Permai Kecamatan Gisting  Kabupaten Tanggamus, Selasa (22 /08/2023).

Undang undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dan peraturan daerah Kabupaten Tanggamus nomor 07 tahun 2010, tentang organisasi dan tata kerja Badan  Penangulangan  Bencana Daerah Tanggamus, berdasarkan hal tersebut BPBD Kabupaten Tanggamus dan beberapa Organisasi Masyarakat bergotong-royong membuat jembatan berupa Bale agar masyarakat dapat mengunakan akses jalan penghubung.

Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani yang kerap disapa Bunda Dewi itu mengatakan dirinya dan jajaran berada di Pekon Gisting Permai, dimana beberapa waktu lalu jembatan penghubung diterjang derasnya arus yang mengakibatkan ambrol dan sudah dilakukan survei bersama BPBD dan kecamatan. Kemudian dilakukan penangan agar akses kembali dapat di lalui masyarakat.

Terimakasih, kata Bunda Dewi, dalam pengerjaan jembatan ini banyak yang terlibat seperti BPBD, PU, RAPI, dan masyarakat pekon, sangat antusias membantu. Sehingga mempercepat proses.

"insya Allah tiga hari kedepan sudah dapat diakses oleh masyarakat dan ini sifatnya belum permanen, masih darurat dan saya menghimbau kami berharap sama-sama menjaga dan merawat agar bagaimana air sungai ini lancar tidak adanya penumpukan sampah dan kita sama-sama agar bisa menjaga jembatan ini agar lama dapat digunakan," jelasnya. 

Sementara, Camat Gisting, Purwanti sebelumnya mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui BPBD untuk bergotong-royong membangun jembatan yang terteputus. Sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan.

"Saya berharap kepada masyarakat agar kiranya nanti dapat sama - sama menjaga jembatan ini. Karena ini akses jalan untuk anak-anak sekolah, perdagangan dan saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan BPBD serta ormas lain," tandasnya.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani; Camat Gisting, Purwanti; Kabid Kedarutan dan Logistik, Cahyo Adi Nugroho; Kasi Kedaruratan, Budiman; Kepala Pekon Gisting Permai, Sukamto; Ketua RAPI Wilayah 03 Tanggamus, Suhartono; Bendahara RAPI wilayah 03 Tanggamus, Johan Prayoga; Ketua RAPI Lokal 02 Kota Agung, A. Jupri. Nasir; Satgas RAPI Tanggamus; Babinkamtibmas. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar