Penjabat Bupati Tulang Bawang Dukung Visi Presiden Bangun Indonesia dari Desa dan Perbatasan

Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan (tengah)

BlogGua, Jakarta - Dalam rangka mempercepat suksesnya Pembangunan Nasional, Pemerintah Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Kick Off Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).

Kegiatan tersebut terselenggara di Hotel Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat dan dihadiri secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, Selasa (11/07/2023).

Dalam arahannya Tito mengatakan P3PD merupakan salah satu visi Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia dari pinggiran, yaitu desa dan perbatasan. Tito memaparkan, terdapat sejumlah langkah yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat desa. Salah satunya menerbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sekaligus sejumlah regulasi turunannya.

Selain itu, pemerintah juga membentuk Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang khusus menangani desa. Upaya lainnya adalah penganggaran Dana Desa untuk membantu desa melaksanakan program-programnya.

Tito menyebut, pemilihan Kepala Desa yang dilakukan secara langsung oleh rakyat sesuai UU Desa menampilkan wajah demokrasi. Selain Kepala Desa, pemilihan langsung juga dilakukan terhadap perangkat desa bahkan Badan Permusyawaratan Desa (Bamusdes) yang merupakan penyimbang perangkat desa juga dipilih secara demokratis.

Pemerintah memiliki manajemen administrasi negara tersendiri untuk mengurus pemerintahan desa. Guna mendukung hal itu, kapabilitas Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Bamusdes harus diperkuat. Penguatan kapabilitas dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan yang menargetkan sekitar 75.000 Kepala Desa.

Tito juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Dunia atas bantuan anggaran yang diberikan untuk program pelatihan itu.

“Program tersebut berpengaruh langsung kepada masyarakat. Meskipun Pemilihan Umum (pemilu) sebentar lagi, kami mohon, peserta pelatihan termasuk narasumber tidak menggiring ke arah politik praktis. Program ini merupakan murni untuk memperkuat kapasitas Kepala Desa,” tuturnya.

Disamping itu, Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan mengatakan bahwa sangat setuju dengan Program Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang mengubah Wilayah Pedesaan dan Perbatasan dari objek menjadi subjek pembangunan.

"Formula ini sangat tepat dan Relevan dengan karakter Bangsa Indonesia. Program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sangat tepat dengan menjadikan desa sebagai ujung tombak pembangunan,” jelas Qudrotul Ikhwan. 

Dalam skema seperti ini, lanjut Qudrotul, tentu dituntut peran aktif rakyat sejak mulai memilih secara langsung aparat desa/kampung di wilayahnya sampai proses pembangunan berlangsung.

"Tanggungjawab dan kualitas menjadi harga mati yang harus dijadikan pondasi utama. Sehingga kesuksesan dan keberhasilan semakin cepat dirasakan,“ imbuhnya.

Pada Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Kick Off Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintah & Pembangunan Desa (P3PD), Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan didampingi oleh Asisten Bid. Pemerintahan & Kesra, Ka BPKAD, Ka Bappeda serta Ka. BPMPK Kabupaten Tulang Bawang. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar