Bunda Dewi Serahkan Bantuan Gubernur Lampung Kepada Korban Banjir di Semaka

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M (hijab Kuning)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menyerahkan bantuan Paket Sembako secara langsung kepada Korban Banjir di Kecamatan Semaka yang gerlaksana di Aula Kantor Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Selasa (04/07/2023).

Bantuan Paket Sembako tersebut berasal dari Gubernur Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung dan dari BAZNAS Kabupaten Tanggamus.

Dikesempatan tersebut Bupati yang kerap disapa Bunda Dewi itu mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Lampung yang telah hadir diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung dan memberikan bantuan sembako secara langsung kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus.

"Kalau tidak karena Gubernurnya peduli tidak mungkin bantuan ini akan sampai kepada kita semuanya saat ini. Kami juga mengucapkan terimakasih melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, karena  beberapa ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tanggamus ini dalam proses perbaikan dan pembangunannya sedang berjalan," imbuhnya.


Disampaikan juga oleh Bunda Dewi, banjir bandang dan tanah longsor terjadi setelah kawasan ini diguyur hujan dengan intensitas tinggi mulai hari Rabu malam hingga Kamis minggu lalu (28-29 Juni 2023), yang mengakibatkan sungai terbesar di wilayah ini yakni Way Semaka dan sungai-sungai kecilnya meluap akibat tidak bisa menampung limpahan air bah dari hulu sungai. 

Pada hari kejadian, lanjut Bu da Dewi, sedikitnya ada 11 Pekon terdampak banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Semaka.

"Adapun Ke-11 pekon yang terdampak bencana adalah Pekon Way Kerap, Kanoman, Sukaraja, Sedayu, Srikaton, Sukajaya, Kacapura, Bangun Rejo, Sidodadi, Sripurnomo, dan Bangun Rejo.," rincinya.

Banjir bandang juga, jelas Bunda Deei, menjebol tanggul penahan banjir di Pekon Sukaraja, Srikaton, Sedayu dan Sukajaya. Selain itu, lanjut dia, terdapat 4 titik jalan yang tertimbun longsor yang berada di ruas jalan lintas barat dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan. 

"Dari catatan kami, Banjir kali ini merendam sekitar 1.177 rumah," ungkapnya.

Rinciannya, kata Bunda Dewi, di Pekon Srikaton 61 rumah, Pardawaras 34 rumah, Way Kerap 59 rumah, Sedayu 26 rumah, Sukaraja 320 rumah, Sukajaya 58 rumah, Kacapura 286 rumah, Bangun Rejo 329 rumah dan Sripurnomo 4 rumah.

"Dari rumah terdampak banjir tersebut ada 1 rumah yang hanyut, 2 rumah dapurnya hanyut, dan 1 rumah hampir roboh," terangnya. 

Terkait hal ini, masih kata Bunda Dewi, Pemda Tanggamus melalui BPBD, Dinas Damkar dan Penyelamatan, telah mengerahkan personil dan alat berat, serta dibantu oleh OPD-OPD, TNI/Polri, Basarnas, PMI, RAPI, Pramuka dan komponen serta elemen masyarakat lainnya turut membantu proses penanganan bencana yang terjadi.

"Banyak pihak juga telah membantu materiil dan tenaga. Selain itu, kami melalui Dinsos dan lembaga-lembaga lain juga telah memberikan bantuan berupa beras sebanyak 300 kg, sembako dan makanan siap saji lainnya," bebernya. 

Dari BAZNAS Tanggamus pun, lanjut Bunda Dewi, pada hari ini juga mendistribusikan bantuan ke Posko Semaka, berupa:  Selimut : 60 buah. Terpal ukuran 4x6 meter : 4 buah. Perlengkapan dapur (kompor gas, panci). Tas sekolah : 25 buah.

Untuk itu, Buda Dewi dalam hal ini mewakili Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan juga masyarakat Semaka dan sekitarnya, khususnya para pengungsi dan korban bencana alam yang menerima bantuan berupa Bufferstock (Sandang, makanan siap saji dan paket sembako) dari Bapak Gubernur mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. 

"Terimakasih pula kami sampaikan kepada Dinas Sosial Provinsi Lampung atas segala bantuannya. Segala bantuan yang diberikan sangat membantu dan bermanfaat bagi para pengungsi," tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi menyampaikan bantuan berupa Buferstock dan Paket Sembako yang bersumber dari Dinas Sosial dan BPBD.

Gubernur juga, kata Aswarodi, menyampaikan rasa perihatin atas terjadinya musibah banjir ini dan berharap masyarakat Kecamatan Semaka dapat sabar dan tabah menghadapinya.

Kemudian gubernur juga mengajak semua lapisan masyarakat bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama bergotong-royong untuk merapih dan membersihkan kembali akses tranportasi dan komunikasi di Kecamatan Semaka.

"Agar kembali normal dan masyarakat bisa kembali beraktipitas seperti biasanya," tukasnya.

Disamping itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Tanggamus  Zulfadli merincikan, bantuan yang akan disalurkan dari Gubernur Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung berupa paket sembako 20 paket, makanan siap saji 100 paket, makanan anak 80 paket, peralatan dapur 4 paket, paket sandang 8 paket, sandang bayi 24 paket, selimut 20 paket, kasur 15 paket, matras 10 lembar, beras 100 kg, gula pasir 20 kg, teh 20 kotak, susu kental manis 20 kaleng, mie instan 100 bungkus.

Sedangkan Kepala Pekon Srikaton, Wardoyo mewakili masyarakat Semaka mengucapak terimakasih kepada Gubernur Lampung dan Pemeritah Kabupaten Tanggamus atas bantuan yang telah di berikan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Semaka.

"Semoga bantuan ini  bermamfaat bagi masyarakat yang menerimanya, semoga juga bencana banjir ini kedepannya tidak terjadi lagi," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi yang mewakili Gubernur Lampung, hadir juga dari jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yakni Plt. Kepala Dinas Sosial, Zulfadl; Kepala Pelaksana BPBD, Ediyan M. Toha; Ketua Darma Wanita Tanggamus, Nur'aini Hamid Lubis; Camat Semaka; Ketua Baznas Tanggamus; Para Kepala Pekon Sekecamatan Semaka dan Masyarakat yang menerima bantuan. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar