Tim Pangkas DLH Tebang Pohon Besar di Taman Kotabumi Bettah-Lampung Utara

Pohon Beringin Belanda yang Ditebang

BlogGua, Lampung - Tim Pangkas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lampung Utara menebang ranting Pohon - pohon besar yang tumbuh di Taman Kota Kotabumi Bettah - Bundaran Payan Mas, Lampung Utara, Lampung, Senin (28/11/2022).

"Penebangan berdasarkan laporan warga sekitar yang mengeluh akan dampak dari pohon tersebut dan inisiatif Kabid. Sementara karena belum ada penggantinya, jadi kita buat seperti bonsai dahulu,"ujar Ketua Tim Pelaksana, Suhada mewakili Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan DLH Lampung Utara, Trisando.

Kemungkinan, lanjut Suhada, penebangan memakan waktu 2 s.d 3 hari atau lebih. Tergantung nanti situasi dan kondisi proses penebangan. Dahulu, jelas dia, pernah mau diganti dengan pohon Pule atau Bungur, tapi banyak yang berpendapat sama saja seperti Pohon Beringin Belanda yang saat ini dalam proses penebangan, dimana sebelumnya pohon tersebut diperkirakan Pohon Kemuning.

"Pantang Pulang Sebelum Tumbang," sahut Iwan, salah satu anggota tim petugas mengingatkan slogan mereka.

Sebelumnya, Ertina merupakan warga sekitar taman kota menghampiri Petugas guna meminta agar Pohon Beringin Belanda tersebut dimusnahkan. Karena, kata dia, akar pohon tersebut sungguh sangat merusak lantai dan pondasi rumahnya.

"Karena akar pohon itu, sampai sekarang sengaja saya tidak melantai rumah lagi agar keliatan akar yang muncul dalam rumah,"cetusnya.

Disamping itu, Ibunya Imam pun meminta agar pohon besar lain yang tumbuh di taman dan berdempetan dengan rumahnya dapat segera ditebang. Karena, kata dia, sampah daun dan ranting yang jatuh bisa mengakibatkan atap rumahnya bocor.

"Belum lagi setiap hari harus membersihkan sampah daun yang masuk dan mengawasi atap bocor,"pungkasnya. (romi)

Diberitakan sebelumnya: Berkisar 20 tahun Pohon Kemuning yang tumbuh berkembang ditengah taman Kotabumi Bettah, Pusat perputaran arah mobilisasi lalu lintas kendaraan, menimbulkan raut wajah BeTe bagi Petugas Taman yang harus memungut atau mengumpulkan daun pohon tersebut disetiap harinya. {...}

Baca selengkapnya : Petugas Taman Tampak BeTe Pungut Daun Kemuning di Taman Kotabumi Bettah

0 Komentar

Silahkan Komentar