Petugas Taman Tampak BeTe Pungut Daun Kemuning di Taman Kotabumi Bettah

Pohon Kemuning di Taman Kota Kotabumi Bettah, Lampung Utara

BlogGua, Lampung Utara – Berkisar 20 tahun Pohon Kemuning yang tumbuh berkembang ditengah taman Kotabumi Bettah, Pusat perputaran arah mobilisasi lalu lintas kendaraan, menimbulkan raut wajah BeTe bagi Petugas Taman yang harus memungut atau mengumpulkan daun pohon tersebut disetiap harinya.

Hal tersebut tampak terlihat dari raut wajah seorang Petugas Taman, Suhairi saat berbincang dengan BlogGua diareal Taman Kota, Kotabumi, Lampung Utara, Lampung, Sabtu (19/11/2022) sore.

“Sekitar 10 atau 20 tahun Pohon kemuning ini,” cetusnya.

Suhairi, bisa sampai 3 atau 4 kali dalam 1 hari mengumpulkan daun kemuning yang jatuh berserakan akibat tertiup angin atau hujan. 

“Pernah ada sebuah asap yang keluar dari batang bawah pohon. Kemudian terbang dan saya cek ternyata tidak ada apa-apa, padahal disiang hari,” imbuh Suhairi yang sedikit menggelitik.

Selain itu Suhairi mengatakan bahwa tugas lain pun ada. Namun jika banyak daun Kemuning berserakan tugas lainnya pun tersendat. Karena, kata dia, harus membersihkan dulu daun-duan kemuning yang berserakan.

“Sudah tugasnya seperti ini, engga kerja engga dapat gaji,” katanya.

Sebut saja Ulfa, salah satu pengunjung Taman Kota Kotabumi Bettah yang mengatakan bahwa sebaikanya pohon itu ditebang sampai tersisa bonggol dan kemudian bonggol tersebut bisa dibentuk bonsai seperti bonsai Anting-anting Puteri.

“Dengan begitu suasana seram dari pohon tersebut tidak tampak lagi,” imbuhnya.

Untuk itu, Ulfa berharap agar Pemerinta Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui dinas terkait dapat segera melakukan tindakan cepat dan berinovasi dalam melakukan penataan keindahan taman dan kota.

“Daripada petugas melakukan kerjaan sia-sia ngumpulin daun, acak dia kerjakan tugas sesuai kompetensi diri yang dimiliki, seperti gunting kembang dan sebagainya,”pungkasnya. (romi)