Mardiana Musa Hadiri Bimtek Pekarangan Pangan Lestari-Kementrian Pertanian

Suasana rangkaian agenda kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Ketua Forum Kelompok Wanita Tani (FKWT) Berjaya Lampung Tengah, Mardiana Musa menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilaksanakan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian melalui Aspirasi DPR RI Komisi IV Hanan A. Rozak bertempat di Hotel BBC Bandar Jaya, Lampung tengah, Lampung, Selasa (25/10/2022) kemarin.

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Siti Bibah Indrajati menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan terkait dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai lahan tanaman pangan.

Selain itu, kata Bibah, dengan dimanfaatkannya lahan pekarangan sebagai lahan tanaman pangan dapat membantu menjaga kecukupan gizi keluarga serta memudahkan akses untuk memperoleh tanaman pangan. 

“Pemaanfaatan lahan pekarangan ini sebagai bentuk usaha dalam menjaga ketahanan pangan,” tandasnya.

Sementara itu, Mardiana Musa mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Dirjen Hortikultura dan Anggota DPR RI Hanan A. Rozak atas terselenggaranya Bimtek ini.

Mardiana mengatakan, pekarangan pangan lestari merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan serta peningkatan pendapatan.

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Dijelaskan Mardiana, kegiatan ini dilaksanakan dalam mendukung program pemerintah untuk penanganan rawan pangan, prioritasnya adalah untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam mencegah stunting.

"Dengan adanya kegiatan P2L ini juga dapat meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam serta bergizi seimbang," imbuhnya.

Selain itu dengan digelarnya Bimtek P2L, kata Mardiana, diharapkan para peserta dapat menerima berbagai ilmu mengenai penerapan P2L serta dapat diimpelementasikan di tempat masing-masing.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam program P2L,”harapnya.

Diketahui, Bimtek P2L ini diikuti Kelompok FKWT Lampung Tengah yang memiliki tujuan untuk mendukung ketersediaan, akses dan informasi serta konsumsi pangan berkualitas bagi masyarakat dalam rangka mengantisipasi terjadinya krisis pangan. Termasuk Bimtek P2L ini diperlukan sebagai langkah strategis dari berbagai aspek antara lain peningkatan keterampilan dan pengetahuan bagi sumber daya manusia dalam penerapan teknologi hulu hilir ramah lingkungan komoditas hortikultura.

Tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain: Anggota DPR RI Hanan A Rozak, Koordinator Kelompok Florikultura Siti Bibah Indrajati dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Tengah Jumali. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar