Kopi Lampung Begawi 2022 di Jakarta, Ajang Perluas Pasar Kopi Olahan IKM Lampung

Suasana acara

BlogGua, Jakarta - Melalui event Kopi Lampung Begawi 2022 di Gedung Sarinah Jakarta, diharapkan mampu memperluas pasar dalam Negeri kopi bubuk produk olahan IKM Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni mengatakan hal tersebut disela-sela kegiatan Kopi Lampung Begawi 2022, di Gedung Sarinah Jakarta, sabtu (08/10/2022) kemarin.

Elvira juga menambahkan, sebelumnya event-event festival kopi selalu dilaksanakan di Lampung, tetapi tahun ini dilakukan didua lokasi yakni pra event di Lampung dan demand event di Sarinah Jakarta.

Tujuannya untuk memperluas pasar dalam negeri kopi bubuk hasil olehan IKM Provinsi Lampung, kenapa mendorong hilirisasi kopi bubuk, karena diharapkan  baik petani ataupun IKM bisa mendapat nilai tambah dari pengolahan kopi.

Selain itu untuk mendorong  produk IKM yang sudah dikurasi masuk pasar-pasar retail modern Jakarta, selain membawa petani bekerjasama dengan Dinas Perkebunan harapannya bisa mendorong perluasan pasar bean kopi ke coffee shop Jakarta.

Terkait dengan upaya kerjasama dan kolaborasi yang dilakukan Pemprov Lampung dalam memperluas pasar melalui kegiatan Temu Bisnis, elvira mengatakan bahwa pihaknya sudah mensosialisasikan dan mengundang komunitas coffee shop, Aprindo, HIMPI, Kadin, dan Pemerintah Provinsi lain, seperti Provinsi Babel, Kepri, Banten, DKI Jakrta dan Jawa Timur.

Elvira juga mengatakan, bahwa pihaknya juga mendapat dukungan dan  bantuan dari Kementerian Prindustrian dan Perdagangan.

"Kementerian Perindustrian dan Perdagangan sangat membantu dan mendukung dengan memberikan bimbingan teknis dan bantuan untuk para IKM kopi baik bantuan kemasan dan proses pengolahan, diharapkan mutu dan daya saing produk IKM Kopi Lampung terus meningkat," ujarnya. (kmf).