Pemkab Lampung Barat Terima Bantuan Alat STB Dari TVRI Lampung

Suasana penyerahan bantuan

BlogGua, Lampung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menerima bantuan berupa alat Set Top Box (STB) dari Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Provinsi Lampung, Sabtu (02/09/2022).

Alat STB dengan jumlah delapan unit itu diserahkan langsung Kepala Stasiun (Kepsta) TVRI Lampung, Herly Marjoni S.Sos., MM., kepada Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus yang diwakilkan Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Lampung Barat Munandar, S.Sos., yang berlangsung di kantor TVRI Satuan Transmisi Liwa, Jl. Imam Bonjol, Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat.

Set Top Box atau biasa disebut STB sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Kelebihan dan canggihnya alat STB ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, namun hanya cukup dengan antena televisi UHF-VHF.

Kepsta TVRI Lampung Herly Marjoni mengatakan, bantuan STB yang diserahkan itu merupakan satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Lampung Barat. Bahwa stasiun TVRI transmisi Liwa telah memiliki empat kanal yang dapat diakses melalui siaran digital.

"Kanal satu siaran Nasional, kanal dua siaran lokal, kanal tiga siaran world dan kanal empat siaran sport," ungkap Herly Marjoni.

Dengan adanya empat kanal tersebut, pihaknya berharap agar masyarakat yang semula menggunakan siaran televisi (tv) analog dapat beralih ke siaran digital.

"Bagi masyarakat yang sudah punya tv digital tinggal masang antena saja dan dapat menonton siaran TVRI digital," ujar Herly.

Herly mengklaim, kelebihan dari siaran digital ini sudah barang tentu kualitasnya akan lebih bagus dan jangkauannya pun lebih luas dibandingkan menggunakan siaran analog.

"Gambar lebih bersih, tentu kualitasnya lebih bagus, lebih bersih dan tekhnologinya lebih canggih," ujarnya.

Herly menyatakan, siaran digital ini sudah beroperasi sejak Januari 2022 kemarin dan siar di kanal dua melingkupi wilayah Provinsi Lampung (lokal). 

"Sebenarnya siaran ini sudah mulai pada Januari, tinggal mensosialisasikan ke masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang belum beralih ke siaran digital," katanya.

"Siaran TVRI stasiun Lampung sudah sampai ke Liwa, sehingga informasi-informasi dari 15 kabupaten/kota bisa disaksikan masyarakat Lampung Barat.

Sementara itu, Munandar, selaku Kepala Dinas Kominfo Lampung Barat, menyambut baik dengan adanya siaran televisi digital tersebut.

Pasalnya, dengan adanya siaran digital tersebut masyarakat Lampung Barat dapat dengan mudah menerima informasi yang disiarkan melalui TVRI.

"Tentunya Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam hal ini dinas Kominfo, menyambut baik dengan adanya siaran tv digital ini," ujar Munandar.

"Mudah-mudahan ini akan membawa kebaikan dan tentunya akan membawa informasi kepada masyarakat dengan menonton tv digital," tambahnya.

Kedepan, Munandar menyatakan pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai adanya siaran tv digital, sehingga masyarakat yang semula menggunakan siaran analog dapat beralih ke siaran digital.

"Mudah-mudahan ke depan kita akan mensosialisasikan pada masyarakat, bahwa tv digital sudah ada di Lampung barat dan tentunya bisa beralih ke tv digital," pungkasnya. (kmf)