Bunda Dewi Hadiri Pembentukan Forum DAS Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (depan mic)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri Pembentukan Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Tanggamus, Program Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Masyarakat kerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) - American Red Cross Kabupaten Tanggamus Tahun 2022, berlangsung di Gedung Nahdatul Ulama (NU) Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Selasa (20/09/2022).

Dikesempatan tersebut, Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Tanggamus dan ucapan terimakasih kepada PMI yang begitu peduli terhadap keadaan sosial dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Tanggamus.

"Pemerintah Kabupaten Tanggamus sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terbentuknya Forum DAS di Kabupaten Tanggamus. Harapannya Forum DAS dapat bersama-sama Instansi terkait mengelola dan memanfaatkan DAS, sehingga membawa kesejahteraan bagi kita semua,"tutur Bunda.

Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Tanggamus tersebut menambahkan, kepada anggota dan pengurus Forum DAS yang nanti dibentuk agar segera menyiapkan langkah-langkah strategis dalam upaya pengelolaan DAS.

"Aantara lain langkah-langkah guna antisipasi banjir dan erosi tanah dilahan kritis, pengawasan dalam pemanfaatan sumberdaya hutan, lahan dan air di DAS,"jelasnya.

Kemudian, lanjut Bunda Dewi, bagaimana memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah aliran sungai, memberikan pelatihan dan memotivasi serta memberikan keterampilan dilingkungan sekitar daerah aliran sungai. Sehingga, masih kata Bunda Dewi, dapat membantu ekonomi masyarakat tersebut dan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Tanggamus. 

"Semoga PMI semakin solid lagi dalam mengemban amanah ini, dan bermanfaat bagi masyarakat luas, serta bersama - sama TNI Polri Kabupaten Tanggamus, dalam upaya membantu perbaikan aliran sungai di Tanggamus," tandasnya. 

Sementara, Ketua PMI Tanggamus Samsul Hadi menyampaikan, kegiatan ini difokuskan pada daerah rawan bencana yaitu di Kecamatan Semaka yang merupakan wilayah yang sering terjadi bencana banjir dan longsor.

"Pembentukan Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Tanggamus diharapkan bisa menjadi solusi untuk meminimalisir terjadinya bencana banjir dan longsor,"harapnya.

Salah satu solusinya, lanjut Samsul hadi, dengan melibatkan semua unsur serta mengajak masyarakat sepanjang aliran sungai, bagaimana caranya agar bencana banjir bisa berkurang, abrasi serta meminimalisir pendangkalan sungai.

"Selanjutnya setelah terbentuk Forum DAS Kabupaten Tanggamus, diharapkan saran dan masukan dari pihak-pihak terkait, serta para pengurus segera menyiapkan langkah-langkah strategis dalam upaya pengelolaan DAS,"pungkasnya. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Forum DAS Provinsi Lampung, Perwakilan PMI Provinsi Lampung, Danramil 424-04/Tlp Mewakili Dandim 0424/Tanggamus, Kejaksaan Negeri Tanggamus, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Kesehatan, Ketua Konsorsium Kota Agung Utara, Perwakilan Camat se-Tanggamus, Apdesi dan Karang Taruna Pekon, dan Jajaran PMI Tanggamus. (kmf)