Wali Kota Hadiri Kegiatan Acara Gertapaga Cabai se-Kota Metro, Semarak HUT ke-77 RI

Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin

BlogGua, Lampung - Wali dan Wakil Walikota Metro menghadiri Gerakan Tanam Pangan Keluarga (Gertapaga) cabai se-Kota Metro, Pasar Tani Agroceria dan Lomba Memasak Nasi Goreng. Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Lapangan Samber, Kota Metro, Lampung,  Jum'at (19/08/2022) kemarin.

Acara yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), mengawali kegiatan dengan senam LLI. Dan pemberian bantuan Pemanfaatan Lahan Pekarangan (P2L), kepada 10 KWT di Kota Metro.

Kepala DKP3 Hery Wiratno, menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan yakni untuk mengkampanyekan pangan B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman). karena tidak ada satupun bahan pangan yang benar-benar bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi seimbang.

“Pemanfaatan pekarangan merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk penanggulangan keluarga yang beresiko stunting. Hal ini juga merupakan upaya dalam menghadapi ancaman krisis pangan, serta mewujudkan ketahanan pangan keluarga, dan menjaga agar tidak terjadi inflasi,” kata Hery.

Hery Wiranto, juga mengatakan Gertapaga dilakukan secara serentak di 22 Kelurahan di Kota Metro. Dimana kegiatan yang melibatkan Kader PKK dan Kelompok Wanita Tani, ini mendistribusikan bibit cabai sebanyak 22.000 batang siap tanam.

Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Metro, Lukman Hakim, mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak Bawang Lanang untuk membukakan usaha bagi lansia. Dengan harapan Pemerintah Kota Metro dan BANK Indonesia, juga dapat berkolaborasi dengan LLI Kota Metro.

Perwakilan BANK Indonesia (BI) Lampung, Budiyono, menyampaikan bahwa BI diberikan amanah dalam mendukung stabilitas ekonomi dan pengendalian inflansi. Salah satunya dengan menjaga kesejahteraan masyarakat dari harga bahan pokok yang terus melonjak.

Pada kesempatan yang sama, Wahdi mengatakan kalau Gertapaga ini bagian dari upaya pengendalian inflasi pangan. Dengan harapan sedikit banyak laju inflasi dapat dikendalikan, karena cabai yang merupakan salah satu produk pangan yang menyebabkan terjadinya inflasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada LLI Metro Pusat yang baru saja di lantik. Saya juga berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Gertapaga pada hari ini, serta perwakilan BI yang sudah berkenan hadir di Kota Metro yang kecil ini, untuk melakukan Gerakan Tanam Pangan Keluarga,"tandasnya. (irfan) 

0 Komentar

Silahkan Komentar