UPT Puskesmas Pringsewu Gelar Acara GERMAS di Fajaragung

Suasana kegiatan

BlogGua, Lampung - UPT Puskesmas Pringsewu menggelar acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Lapangan Pekon Fajaragung Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, Selasa (23/08/2022).

Acara yang diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya senam dan makan buah serta minum jamu bersama, pemeriksaan kesehatan serta vaksinasi Covid-19 ini dibuka oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hipni, dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pringsewu Sri Prihatin Iswahyudi, Kadis Kesehatan Pringsewu dr.Ulinnoha diwakili Kabid P2M dr. Hadi Muhtarom, KadisporaPar Jahron, Kabid Kesehatan Masyarakat Rahmadi Basyari, KUPT Puskesmas Pringsewu Darli Yonhas, kapekon dan tokoh masyarakat. Selain disediakan doorprize bagi para pengunjung, acara juga dimeriahkan penampilan Dide Irawan (Hijau Daun) yang merupakan Duta GERMAS pemkab setempat.

Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Hipni membacakan sambutan tertulis Penjabat Bupati Pringsewu mengatakan Kementerian Kesehatan memiliki program khusus untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat guna mewujudkan Indonesia Sehat.

"GERMAS ini mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dalam memasyarakatkan paradigma sehat," katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tujuan GERMAS adalah agar masyarakat membiasakan berperilaku hidup sehat sehingga berdampak pada terjaganya kesehatan, tercipta lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat akan meningkat dan biaya berobat berkurang sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup yang lain.

“GERMAS dapat dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin, dimana ketiga kegiatan ini dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, selain tidak membutuhkan biaya yang besar,” ujarnya.

Salahsatu pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, lanjut dia, bahwasanya menjaga kesehatan harus dimulai sejak dini dan berperilaku sehat dapat mencegah kita dari berbagai penyakit.

“Saya berharap GERMAS dapat berhasil dan sukses dengan didukung dan dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, swasta, dunia usaha, ormas dan seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu,” harapnya. (kmf/ Anton Hapsara)