Riana Arinal Hadiri Peringatan HAN 2022 di Taman Bumi Kedaton

Suasana acara

BlogGua, Lampung - Ketua Umum Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), Riana Sari Arinal menghadiri acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Lampung Tahun 2022 sekaligus memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, di Arena Pentas dan Taman Lalu Lintas Bumi Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (23/08/2022).

Ketua Umum PKDL, Riana Sari Arinal dalam sambutan singkatnya menyemangati serta mengajak para orangtua yang hadir dalam acara tersebut untuk mendidik dan merawat anak-anak penyandang disabilitas dengan penuh kasih sayang.

"Tiap anak punya cerita dan rezekinya masing-masing, apapun kondisinya, itu merupakan ketentuan dari Tuhan Yang Maha Esa. Didik dan rawat anak-anak dengan penuh kasih sayang. Insya Allah anak-anak inilah yang akan menghantarkan bapak ibu semua berkumpul di surga-Nya yang mulia," kata Riana Sari

"Bapak Ibu jangan takut, jangan malu, tunjukkan anak ibu apapun itu karena tiap anak memiliki kelebihannya masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sangat berkomitmen dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, termasuk kepada anak penyandang disabilitas. 

Hal tersebut secara khusus diusung Gubernur Arinal dalam misi ketiga Provinsi Lampung yaitu mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

Aswarodi kemudian menjelaskan, guna meraih hal tersebut, Pemerintah membutuhkan peran serta dan gotong royong dari seluruh komponen bangsa untuk berperan dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.

Aswarodi juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung saat ini sedang menyiapkan "One Stop Service" untuk layanan penyandang disablitas di kantor PKDL yang berlokasi di samping Lapangan Golf Sukarame.

Layanan tersebut nantinya akan diperluas pada layanan kesejahteraan sosial lainnya, mulai dari layanan pendataan, _assessment_, intervensi dan rujukan sesuai dengan kebutuhan sampai dengan pemberdayaan. 

"Insyaallah di APBD-P ini PKDL akan memiliki kantor, berlokasi di samping Lapangan Golf. Kami rencanakan tempat tersebut akan menjadi "one stop service". Penyandang disabilitas akan berkolaborasi di tempat itu untuk memberikan layanan kepada masyarakat, serta pemberdayaan seperti galeri membatik dan lainnya," terang Aswarodi.

Diakhir sambutannya, Kadis Sosial Provinsi Lampung mengajak semua pihak untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian secara optimal kepada anak-anak, khususnya kepada anak-anak penyandang disabilitas.

"Anak-anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik mental dan sosial dan berakhlak mulia sehingga diperlukan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak guna mewujudkan kesejahteraan anak," kata Aswarodi.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum PKDL Riana Sari Arinal juga melakukan penyerahan bantuan kursi roda & alat bantu dengar serta 48 paket sembako untuk anak disabilitas. Selain itu juga dilakukan penyerahan hadiah pemenang lomba video kreatif anak disabilitas, dan penyerahan hadiah pemenang lomba menghias kursi roda.

Didalam acara juga menampilkan berbagai pertunjukan seni oleh anak-anak disabilitas, seperti membaca puisi, menyanyi, marawis dan menari. (Kmf)