Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Suasana Upacara

BlogGua, Lampung -  Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dengan tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" di Lapangan Korpri, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (17/08/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Arinal menyampaikan bahwa dinamika perkembangan indikator makro sosial ekonomi Provinsi Lampung tahun 2022 sudah menunjukkan arah perbaikan. 

"Kondisi tersebut didukung dengan pertumbuhan positif perekonomian Lampung Triwulan II-2022 (quarter to quarter) 9,12 persen tertinggi di Indonesia. Lampung telah mencatat sejarah," ungkap Arinal.

Demikian pula dengan perkembangan tingkat harga secara umum, Arinal menyebutkan, laju inflasi bulanan Provinsi Lampung pada Januari s.d. Juni 2022 berada pada level 0,40 s.d. 1,20 persen. Kondisi tersebut tentunya menjadi momentum yang baik untuk mendorong pemulihan ekonomi yang diharapkan. 

Arinal melanjutkan, indikator yang terkait kesejahteraan masyarakat secara umum menunjukkan bahwa data tingkat Kemiskinan Provinsi Lampung mengalami penurunan yang cukup signifikan dari 12,76 persen Maret 2021 menjadi berada pada level 11,57 persen di bulan Maret 2022 atau menurun 81 ribu jiwa orang miskin. 

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2022 tercatat sebesar 4,31 persen yang berarti turun dibandingkan dengan keadaan pada Agustus 2021 yang sebesar 4,69 persen. 

"Data tersebut telah memberi gambaran adanya perbaikan kualitas hidup masyarakat Lampung secara umum," kata Arinal.

Selain itu Arinal juga mengungkapkan bahwa saat pandemi Covid-19, Provinsi Lampung berhasil membuat inovasi, sehingga selama 3 tahun terakhir sampai tahun 2022 ini sudah 77 penghargaan diraih.

"Inilah bukti bahwa kita semua, pemerintah, pengusaha dan rakyat, bersatu bekerja untuk membangun Lampung agar Lampung berjaya di masa yang akan datang," kata Arinal.

Dalam kesempatan tersebut, Arinal mengajak seluruh masyarakat untuk saling menjaga dan saling membantu guna mewujudkan Lampung Berjaya.

"Saya menyadari, ke depan masih banyak pekerjaan rumah yang menanti uluran tangan dan peran aktif kita bersama guna mewujudkan Lampung Berjaya yang kita cita-citakan," kata Arinal.

Tak lupa, Arinal juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Bupati/Walikota, Forkopimda, Para Pimpinan Partai Politik, Para Wakil Rakyat, Perguruan Tinggi, Pelaku Industri dan UMKM, kepada tokoh masyarakat, awak media, aparat TNI dan Polri, Tenaga Kesehatan, Relawan Medis, Para Guru serta seluruh masyarakat Lampung yang turut berpartisipasi membangun Lampung di berbagai bidang.

Di akhir sambutannya, Arinal berharap peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 dijadikan sebagai titik awal dalam meningkatkan kinerja, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan yang telah gugur. 

”Dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Tangguh, Indonesia Maju, Lampung Berjaya," tutup Arinal.  

Dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Inf. Ari Iswoyo Timor, Komandan Kompi Paskibraka Lettu Inf. Wilando Situmorang dan bertindak sebagai Perwira Upacara Mayor Inf. D.B. Harahap.

Selanjutnya, bertugas sebagai Pembawa Bendera, Gadis Fahra Arisylia yang merupakan perwakilan dari SMAN 1 Pringsewu. Kemudian bertindak sebagai Pengibar Bendera, M. Robi Firlana Ksetra dari SMAN 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat, Aryaguna Bayu Pratama dari SMAN 1 Natar dan Reza Andreansyah Putra dari SMAN 2 Kota Agung Tanggamus.

Hadir dalam upacara, Wakil Gubernur Lampung, Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, Kepala Kanwil/Badan Kementerian/Lembaga dan Rektor/ Pimpinan Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung, Para Staf Ahli Gubernur, Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Pimpinan Perangkat Daerah di Jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Pimpinan BUMN BUMD di Provinsi Lampung, Pimpinan Parpol dan Organisasi Masyarakat. (kmf)