Ngupi Bebakhong, Pemkab Lampung Barat Bahas Gerakan Pembagian 10jt Bendera

Suasana Ngupi Bebakhong

BlogGua, Lampung - Mengingat sebentar lagi akan digelar kegiatan Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia (HUT RI). Diharapkan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Barat agar dapat menindaklanjuti surat edaran yang dikeluarkan oleh kementerian dalam Negeri terkait dengan gerakan pembagian sepuluh juta bendera. 

Hal tersebut sebagaimana topik pembahasana 'Ngupi Bebakhong' kegiatan rutin mingguan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat yang kali ini dipimpin oleh Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat, Lampung, Senin (01/08/2022).

Dimana Pakcik Parosil kerap disapanya Bupati Lampung Barat berharap agar Kabupaten Lampung Barat dapat membuat gerakan pembagian sepuluh juta bendera tersebut.

"Nanti saya akan turun langusung bersama camat, Kepala Perangkat Daerah dan peratin untuk menyukseskan gerakan tersebut,"imbuhnya.

Selain itu Pakcik berharap terkait peringatan HUT Negara Republik Indonesia supaya memiliki inovasi dan gagasan yang berbeda dari tahun 2021 lalu. Hal tersebut, jelas Pakcik Parosil, bentuk menghargai bendera merah putih. 

"Namun hal tersebut mesti didiskusikan terlebih dahulu terhadap pikhak TNI, Polri kegiatan tersebut jika dilakukan bertentangan atau tidak dengan peraturan yang terdapat di negara Kesatuan Republik Indonesia ini,"terangnya. 

Dikatakan Pakcik Parosil, rencananya Pemrintah Kabupaten Lampung Barat akan mengibarkan bendera dengan ukuran besar, bila perlu bendera itu sebelum dikibarkan mungkin nanti ada iring-iringan oleh pelajar atau siswa drum band atau sebagainya.

Disamping itu, menurut Pakcik Parosil, mengingat HUT Republik Indonesia mendatang terintergrasi dengan  HUT Lambar maka kegiatan jalan sehat dan senam bersama mungkin akan dibuat tiga titik yang petama di Balik Bukit, Way Tenong dan Suoh.

Disinggung juga oleh Pakcik Parosil, terkait Java Comfeed pihaknya mengatakan dari awal semua harus ingat bahwa investor itu hadir harus menyambutnya dengan baik agar dapat terjalin kerjasama yang baik. 

"Akan tetapi yang paling penting konsepnya tidak merugikan pemerintah dan juga tidak merugikan masyarakat,"jelasnya.

Untuk itu, sebelum menandatangani kerjasama tersebut Pakcik Parosil ingin paparan yang ada di perjanjian tersebut jelas dan pasti, sehingga tidak simpang siur saat melaksanakan kerjasama itu. 

"Pertama, ada kesiapan dari  PT. Java Comfeed untuk mendirikan pabrik pengolahan ikannya di Lampung Barat. Kedua, PT. Java Comfeed Tbk siap mendirikan sekolah ikan. Ketiga, Java Comfeed siap untuk merekrut tenaga kerjanya bila perlu dicantumkan 80% harus orang Lampung Barat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, Asisten Bidang Administrasi Umum Ismet Inoni, Staf Ahli Bupati,  Kepala Perangkat Daerah. (kmf)