Bunda Dewi Pimpin Apel Siaga Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Tanggamus

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani (depan)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani memimpin Apel Siaga Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Tanggamus di halaman depan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, Kamis (04/08/2022).

Dikesempatan itu Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus menyampaikan, Apel Siaga Penyuluh diadakan sebagai wujud nyata untuk meningkatkan dan mengoptimalkan peran dan kinerja penyuluh sebagai agen perubahan pembangunan pertanian di Kabupaten Tanggamus.

"Penyuluh merupakan ujung tombak di sektor pertanian. Sukses atau tidaknya program pertanian, tergantung dari penyuluh. Oleh karena itu, Fasilitasi Kendaraan Operasional sangatlah tepat diberikan kepada para Penyuluh Pertanian,"imbuhnya.

Dipaparkan Bunda Dewi, saat ini jumlah Penyuluh Pertanian di Kabupaten Tanggamus sebanyak 106 orang dengan rincian Penyuluh PNS 32 Orang, Penyuluh P3K 73 orang dan THL-TBPP 1 orang serta lapangan IPDMIP 13 orang.

"Bantuan Kendaraan Operasional roda dua yang diberikan kepada Penyuluh Pertanian Lapangan kali ini sebanyak 54 unit sepeda motor, dengan rincian motor Trail sebanyak 32 unit, motor bebek sebanyak 22 unit,"jelasnya.

Untuk itu, Bunda Dewi berharap pemberian Fasilitasi Kendaraan Operasional ini dapat menambah motivasi dan semangat kerja dan diharapkan petugas penyuluh selalu berada di lapangan terlebih pada saat petani membutuhkan.

Disamping itu Bunda Dewi mengingatkan, sebelumnya telah dicanangkan program Pekan Tanggamus Hijau Lestari Rawat Agar Tetap Utuh (THL-RATU) yang merupakan kesepakatan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Pemkab Tanggamus.

"Kegiatan pada Pekan THL–RATU yaitu melakukan Penanaman Pohon di bantaran sungai, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kelongsoran atau erosi dan menjadikan air sungai tidak meluap ke daratan, serta menjaga suhu sungai dapat terjaga. Sehingga bisa mengalir dengan tenang atau mengikuti tempat yang seharusnya untuk mengalir,"ungkapnya. 

Tak lupa, Bunda Dewi juga mengingatkan, bulan Agustus ini adalah bulan Kemerdekan bagi Negara Republik Indonesia. Untuk itu, dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) akan dilaksanakan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih untuk di Kabupaten Tanggamus.

"Tadi telah kita laksanakan secara simbolis penyerahan Bendera Merah Putih kepada komponen masyarakat," tandasnya. 

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah, Hamid Heriansyah Lubis, Kapolres AKBP Satya Widhi Widharyadi, S.IK., Kejari Yunardi, SH.MH., Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Ir. Edison, M.PAf, IPU, ASEAN Eng dari Dosen ITERA, Para Kepala OPD, Kabag, Ketua Forum Kwt, Ketua KTNA, Ketua Perhiptani, dan Para peserta apel Penyuluh se-Tanggamus. (hms/Mar)

0 Komentar

Silahkan Komentar