Usai Shalat Idul Adha Bupati Tanggamus Berkurban 1 Ekor Sapi

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani (gamis Putih)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani melaksanakan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H/2022 M di Lapangan Merdeka Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Minggu (10/7/2022) pagi.

Dukesempatan tersebut Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus  menyampaikan, Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia. Karena, jelas Bunda, Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail telah meletakkan dasar-dasar keteladanan yang fundamental hingga kini masih bisa dilaksanakan yakni, pelaksanaan ibadah haji dan Penyembelihan hewan kurban. 

Kegiatan inilah, masih kata Bunda Dewi, yang menjadi tuntunan kaum muslimin-muslimat sampai saat ini di seluruh dunia, menunaikan rukun Islam ke-5 (lima) yaitu Ibadah Haji bagi yang mampu.

Disamping itu, Bunda mengajak semua bersyukur bahwa Jama'ah Haji Kabupaten Tanggamus saat ini telah berada di Tanah Suci pada tanggal 22 Juni 2022 yang lalu telah diberangkatkan 158 orang calon Jamaah Haji Kabupaten Tanggamus, tergabung dalam kloter 28 JKG. Ini merupakan keberangkatan pertama setelah beberapa tahun terakhir ditunda dikarenakan Pandemi Covid-19. 

"Untuk itu marilah kita do’akan semoga saudara-saudara kita tersebut dapat menunaikan Ibadah Haji dengan sempurna dan lancar sehingga mereka kembali ke tanah air dengan selamat, mendapat pahala serta predikat “Haji Mabrur”, harapnya.

Bunda Dewi juga menyampaikan bahwa beberapa hari lalu yaitu tanggal 7 Juli 2022, Tanggamus telah melaksanakan Pilkakon serentak di 68 Pekon pada 18 Kecamatan Se Kabupaten Tanggamus.

"Rangkaian Pilkakon belum berakhir, sampai dilantiknya Kepala Pekon terpilih hasil Pilkakon kemarin. Untuk itu saya mengajak kepada kita semua, mari jaga suasana wilayah agar terus aman, damai dan kondusif," tuturnya.

Disamping itu Bunda juga menjelaskan, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah menyampaikan arahan agar melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini dibangun sebagai wujud cinta terhadap bangsa dan Negara, salah satunya dengan mencintai produk dalam negeri. 

"Untuk itu , mari kita memenuhi kebutuhan pokok dengan membeli dan belanja dari produk yang diproduksi dalam daerah Kabupaten Tanggamus, khususnya produk UMKMnya,"ajak Bunda Dewi.

Sementara dalqm khutbah, Ustadz Amrillah menyampaikan, peringatan Hari Raya Kurban adalah mengingatkan umat muslum kepada kisah kecintaan dan keteladanan Nabi Ibrahim AS kepada anaknya Ismail untuk berkurban.

Sesuai dengan Firman Allah SWT, " Sembelihlah hewan kurban. Karena sesungguhnya berkurban adalah sebagai penyelamat kebinasaan kita di akhirat dan menjadikan kita lebih bertaqwa kepada Allah, Tuhan yang Maha Esa,"pungkasnya.

Sebagai tambahan, setelah selesai melaksanakan Shalat Idul Adha berjama'ah, Bupati Tanggamus menyerahkan hewan kurban berupa sapi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus kepada PHBI (Panitia Hari Besar Islam) dan  diserahkan juga hewan kurban berupa satu ekor sapi dari Pribadi Bunda dan keluarga untuk Pekon Campang Kota Agung.

Bertindak sebagai Imam Ustadz Hilmi, Khotib Ustadz Amrillah, dan Bilal Ustadz Ilhamudin.

Hadir juga Bupati Purnabakti Hi. Bambang Kurniawan, ST., Forkopimda, Anggota DPRD, Para OPD, Camat Kotaagung, Uspika Kecamatan, Lurah, Ketua PHBI Kotaagung Ruslan dan Masyarakat. (Kmf/Mar)