Pemkot Metro Canangkan Landbouw Sebagai P5L

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin (kopiah Hitam)

BlogGua, Lampung - Pemerintah Daerah Kota (Pemkot) Metro mencanangkan landbouw sebagai pusat pelatihan pertanian, peternakan dan perikanan di Bumi Sai Wawai. Pencanangan tersebut dilakukan oleh Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin, Rabu (20/07/2022).

Wahdi mengatakan, pengembangan landbouw menjadi Pusat Pelatihan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Landbouw (P5L) sekaligus sebagai tempat Agroeduwisata, yang dapat memberikan pelatihan tematik maupun magang bagi para petani. 

"Pelatihan ini juga untuk siapa saja yang membutuhkan dalam rangka membangun SDM, khususnya generasi muda, menjadi SDM yang berkualitas, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi sehingga diharapkan mampu berkonstribusi dan memenangkan persaingan global," katanya. 

Pengembangan ini, lanjut dia, membutuhkan sinergitas yang kolaboratif, dimana BPP Lampung dapat menjadi pembina dan tempat konsultasi bagi P2L khususnya dalam pengelolaan lembaga pelatihan. 

"Dan dalam penyiapan materi dan narasumber pelatihan sehingga pelatihan-pelatihan yang diberikan akan menarik, up to date dan dapat diterapkan dengan mudah oleh peserta di lapangan," paparnya. 

Kepala DKP3 Heri Wiratno menjelaskan, tanah landbau memiliki luas keseluruhan sekitar 8 Ha yang terdiri dari 3 Ha untuk perkantoran, rumah dinas, kolam, kandang dan 5 Ha untuk areal persawahan. 

"Bukan hanya perikanan saja saja disini tetapi juga peternakan dan pertanian yang bisa kita kembangkan," tambahnya. (Irfan)