Ngupi Bebakhong, Pemda Lampung Barat Bahas DAK Fisik Penugasan UMKM

Suasana Ngupi Bebakhong

BlogGua, Lampung - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan rutin Ngupi Bebakhong yang kali ini membahas terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan dikucurkan dari Kementerian Koperasi di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat, lampung, Senin (25/07/2022). 

"Berdasarkan hasil informasi yang telah di koordinasikan dengan kementerian Koperasi bahwa pada tahun 2023 mendatang dari Lokasi Perioritas (lokperi) rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ada sebanyak 75 lokasi telah di verifikasi tetapi hanya sebanyak 35 Kabupaten Kota yang terpilih. Alhamdulillah untuk Kabupaten Lampung Barat masuk dalam 35 recana alokasi tersebut,"papar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (KOPERINDAG) Lampung Barat (Lambar) Tri Umaryani saat menghadiri kegiatan rutin mingguan tersebut.

Tri Umaryani mengatakan sehubungan dengan kegiatan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK)  fisik penugasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2023 dari Kementerian koperasi khususnya terkait dengan pembangunan layanan usaha terpadu.

"Rencananya pada hari ini, 25 Juli 2022 kementerian koperasi akan melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sekiranya pak sekretaris Daerah (Sekda) berkenan menyambut kedatangan tim kementerian tersebut," imbuhnya. 

Selain itu, Tri Umaryani berharap untuk menyambut kedatangan kementerian koperasi selain Sekda,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) dan Pertanahan agar dapat bersama-sama mendukung program tersebut agar dapat berjalan dengan lancar.

"Selajutnya untuk menuju kelapangan agar sekiranya berkenan dari Bappeda, BPKD dan Pertanahan, karena ini menyangkut lahan serta memastikan program ini menjadi prioritas dari Kabupaten Kota yang terpilih," jelasnya.

Terakhir Kepala Koperindag tersebut mengungkapkan berdasarkan informasi dari kementerian bahwa pada tahun sebelumnya hanya terpilih sejumlah 20 Kabupaten kota se-Indonesia. 

"Kemungkinan dari 35 Kabupaten yang terpilih akan diseleksi ulang sehingga nanti akan menjadi 20 atau batas kemampuan keuangan pusat," tandasnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Lampung Barat, Nukman menyambut baik mengenai kabar tersebut, Nukman berharap agar seluruh Kepala Perangkat Daerah dapat membantu dan bekerja sama agar program tersebut berjalan dengan lancar. 

"Mengenai teknis penyambutan terhadap Kementerian Koperasi yang akan hadir pada siang hari ini, nanti kita akan bahas lebih jelas lagi setalah kegaiatan ngupi bekbahong ini selesai,"pungkasnya seraya menunjukkan raut wajah gembira.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah. (kmf)