Bupati Tanggamus Resmikan Pasar Talang Padang Semi Modern

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (gunting pita)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani meresmikan Pasar Tradisional Semi Modern - Pasar Talang Padang, Tanggamus, Lampung, Rabu (27/07/2022).

Dikesempatan tersebut, Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus menyampaikan, dengan berdirinya pasar tradisional semi modern Talang Pasang, diharapkan dapat mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di Kabupaten Tanggamus sekaligus menjadi percontohan bagi pasar lainnya yang ada di Kabupaten Tanggamus. Dimana menurut Binda Dewi sektor UMKM maupun lainnya akan dapat lebih bergeliat lagi dan akan dapat berkembang.

"Selain itu, saya mengajak kepada pihak terkait untuk bersama - sama menjaga dan merawat pasar ini sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama,"imbuhnya.

Dijelaskan Bundaa Dewi, revitalisasi pasar Talang Padang dilakukan lantaran kondisi pasar yang berdiri sejak puluhan tahun lalu itu kurang representatif. Sehingga, lanjut Bunda Dewi, pada tahun 2021 lalu kendati saat ini tengah dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19, Pemkab Tanggamus mengambil kebijakan merevitalisasi pasar Talang Padang.

"Kita melihat pasar Talang Padang ini, tidak representatif lagi, dengan bangunan - bangunan tua. Sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan para pedagang maupun pengunjung pasar Talang Padang. Nah,, melalui mekanisme dan aturan yang ada sehingga ditunjuk PT lingga tehnik utama menjadi pengembang,"jelasnya.

Bunda Dewi menambahkan, dari hasil tinjauan serta apa yang menjadi keinginan dari Pemkab Tanggamus agar fasilitas seperti ruang bermain anak, ruang laktasi, ruang keamanan dan pasar yang bersih dan ramah perempuan. Semuanya telah diakomodir oleh pihak pengembang. Tidak sampai disitu, fasilitas pelengkap lainnya seperti kamar mandi, toilet hingga tempat ibadah juga telah tersedia.

"Pada saat jam operasi juga nantinya akan di putar lagu - lagu yang mengangkat kearifan lokal, disetiap sudut juga telah tersedia pemadam kebakaran, sehingga pasar ini diharapkan menjadi percontohan bagi pasar yang lainnya di Tanggamus," pungkasnya seraya mengimbau para pedagang, untuk menjadi pedagang yang RATU, yakni Ramah, Amanah, Tertib dan Unggul.

Selain dihadiri Forkompimda dan Jajaran OPD serta Kabag dan camat, peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kabag Rolog Polda Metro Jaya AKBP Oni Praseetya yang merupakan mantan Kapolres Tanggamus. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar