Seleksi Calon Paskibraka 2022 Tingkat Provinsi Lampung-Nasional Dibuka

Peserta Seleksi Paskibraka

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berharap para pemuda memberi sumbangsih yang nyata dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk salah satunya mewujudankan sumbangsih itu sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Harapan Gubernur itu disampaikan Asisten I bidang Administrasi Umum Minhairin saat mewakili Gubernur menjadi pembina dalam Upacara Pembukaan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2022 di GOR Sumpah Pemuda PKOR, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (11/5/2022). 

Dalam arahannya, Minhairin mengatakan pemuda sebagai sumber insani pembangunan dan potensi bangsa harus berpartisipasi dan memberi sumbangsih yang nyata dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara yang salah satu perwujudannya adalah Paskibraka. 

Menurutnya, Paskibraka merupakan salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta merupakan cara efektif dalam membangun dan mengembangkan jiwa dan semangat nasionalisme serta patriotisme pemuda. 

"Paskibraka mendidik dan melatih pemuda untuk disiplin, cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara serta menegakkan dan mengamalkan  nilai-nilai Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya. 

Minhairin berpesan kepada seluruh peserta seleksi Calon Paskibraka harus maksimal mengikuti seleksi ini. 

Ia juga berharap kepada semua pihak baik Dispora Kabupaten/Kota, Purna Paskibraka, Pendamping dan peserta seleksi Paskibraka untuk dapat bekerjasama dengan cara tidak melakukan interversi dan memberikan kepercayaan kepada tim seleksi yang ada. 

Seleksi ini akan berjalan selama 3 hari dari tanggal 11- 13 Mei 2022 dan diikuti oleh 90 peserta yang terbagi menjadi 47 putra dan 43 putri. 

Seleksi ini meliputi tes tertulis, wawancara, Perturan Baris Berbaris (PBB), kesamaptaan serta tes kesehatan 

Nantinya akan ada 33 orang yang dibagi menjadi 18 putra dan 17 putri yang akan menjadi petugas Paskibraka di Provinsi Lampung serta 2 orang putra dan putri sebagai utusan Provinsi Lampung menjadi Paskibraka Nasional. (Adpim)