Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Hardiknas-Harkitnas

Bupati Pringsewu, Sujadi (di Podium)

BlogGua, Lampung - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2022 tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di lapangan pemkab setempat, Pringsewu, Lampung, Selasa (17/05/22) bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pringsewu, Sujadi.

Upacara yang diikuti Aparatur Sipil Negara, Pelajar, Pramuka serta elemen lainnya ini juga dihadiri Irbanwil II Inspektorat Provinsi Lampung Pirwansyah, SH, Sekda Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. beserta para pejabat pemerintah daerah.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Bupati Pringsewu oleh Irbanwil II Inspektorat Provinsi Lampung Pirwansyah, SH kepada Bupati Pringsewu, dengan capaian sangat baik. Serta penghargaan kepada guru dan pelajar, pelatih olahraga serta atlet berprestasi se-Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu saat menyampaikan amanat tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem A. Makarim mengatakan di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

"Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 Satuan Pendidikan di seluruh Indonesia, yang berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan," katanya.

Sedangkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate dalam amanat tertulisnya mengatakan bahwa peringatan Harkitnas ke-114 yang mengangkat tema 'Ayo Bangkit Bersama' sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid- 19.

Penanganan Covid-19 yang membaik, lanjut dia, berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal.

"Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 di mana tahun 2022 ini mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger', dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan dimasa depan," lanjut bupati menyampaikan amanat Menkominfo.

Selain itu, Bupati Pringsewu juga mengajak bersama-sama menjadikan momentum peringatan Hardiknas dan Harkitnas sebagai pijakan dalam menggelorakan semangat membangun Kabupaten Pringsewu menuju wilayah yang Baldatun Thoyyibatun Warabbhun Ghafur. (kmf/ Anton Hapsara)