Parosil Mabsus Lantik Peratin di Air Hitam-Gedung Surian

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (dasi Merah)

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus melakukan Pelantikan Peratin di dua Kecamatan yakni Kecamatan Air Hitam dan Gedung Surian, kegiatan  Pelantikan Peratin di Kecamatan Air Hitam dipusatkan di Pekon Sri Menanti dan untuk pelantikan Peratin di Kecamatan Gedung Surian dipusatkan di Pekon Mekar Jaya, Lampung Barat, Lampung, Minggu 15 Mei 2022. 

Dijelaskan Parosil, Pemilihan Peratin ini merupakan amanat Undang-Undang yang diatur secara konstitusi untuk jabatan Peratin terpilih selama enam (6) tahun.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Peratin terpilih, sekarang ini pundak saudara dipikul harapan besar oleh seluruh lapisan masyarakat dalam memajukan pekon," imbuh Pakcik Parosil sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat.

"Kami percaya, bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara-saudara,"imbuhnya lagi.

Pemilihan Peratin di Lampung Barat ini, lanjutnya, ada 60 Pekon, dan pemilihannya sudah dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2022 yang lalu. Tentu, masih katanya, penantian pelantikan ini cukup lama dirasakan, dan hari ini merupakan sebuah momentum untuk menyatukan kembali masyarakat yang sempat terpecah belah karena perbedaan pilihan dan dukungan pada pemilihan calon Peratin bulan lalu.

"Maka tugas menjadi seorang pemimpin ini adalah mengayomi, melindungi dan mempersatukan kembali masyarakatnya, ini sudah menjadi tanggung jawab dari seorang pemimpin atau Peratin. Selain itu tugas seorang pemimpin adalah harus dapat menciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan bagi masyarakat,"jelasnya.

Kemudian, Parosil menyampaikan pesan kepada seluruh Peratin terpilih terkhusus Peratin yang baru menjabat agar tetap berkoordinasi dengan Peratin sebelumnya dalam memajukan Pekon. 

"Koordinasi dengan Peratin sebelumnya, ajak bersama-sama bergotong royong saling bertukar pikiran untuk memajukan pekon. Jadikan Peratin sebelumnya sebagai gurumu, sahabatmu, Keluargamu, agar suatu saat nanti saudara dapat meminta masukan dan saran dalam memajukan Pekon,"tandasnya.

Sementara Nursiyam mewakili tokoh masyarakat kecamatan Air Hitam mengatakan bahwa ia menaruh harapan besar kepada Peratin terpilih agar amanah dalam mengembankan tugas.

"Semoga tiga perantin terpilih ini dapat menjadi Peratin yang amanah dan menjadi Peratin yang adil untuk masyarakat,"ujarnya.

Selain itu, Nursiyam mengatakan bahwa tugas Peratin mungkin memang hal yang berat. namun, Nursiyam percaya kepada Peratin-peratin tersebut mampu menghantarkan Pekonnya menjadi sejahtera.

"Semoga dengan amanah dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada Peratin-peratin terpilih ini mampu menghantarkan Pekonnya menjadi Pekon yang bermartabat dan memajukan Pekonnya masing-masing,"tutupnya seraya percaya bahwa peratin-peratin terpilih ini mampu mensejahterakan masyarakat di Pekonnya.

Disamping itu, Tokoh Masyarakat Kecamatan Gedung Surian Bapak Suharyo yang juga selaku Ketua Madrasah Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Gedung Surian memberikan apresiasinya atas Pitu Program  unggulan yang telah ia galakkan selama  masa kepemimpinannya. 

Mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih, karena banyak program-program unggulan Bapak Bupati ini sudah kami rasakan manfaatnya.  

"Kami berharap bapak Bupati dapat mencalonkan diri sebagai Bupati kembali dan melanjutkan program-programnya untuk kesejahteraan masyarakat,"pungkasnya.

Sebagai tambahan, Pelantikan Peratin tersebut merupakan hasil dari daerah pemilihan (dapil) peratin serentak gelombang pertama (I) yang diikuti 60 Pekon (Desa) yang ada di Kabupaten Lampung Barat dan telah dilaksanakan pada 23 Februari 2022 yang lalu.

Pelantikan Peratin terpilih tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Nomor: B/227/KPTS/III.13/2022 Tanggal 20 April 2022.

Peratin terpilih di Kecamatan Air Hitam  berjumlah tiga (3) orang yakni :

  1.  Anggi Ismanto sebagai Peratin Pekon Sri Menanti
  2. Damsiri Ahmad Sebagai Peratin Semarang Jaya
  3. Husain Sebagai Peratin Sumber Alam 

Untuk Peratin terpilih di Gedung Surian berjumlah 3 orang yakni :

  1. Anderi sebagai Peratin Pekon Pura Mekar.
  2. Sunayah sebagai Peratin Pekon Cipta Waras.
  3. Dede Suherli sebagai Peratin Pekon Mekar Jaya.

Prosesi Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan para peratin terpilih yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Bupati Parosil dan para peratin yang dilantik serta dua orang saksi dari unsur TNI dan Polri dan rohaniawan/tokoh agama.

Selanjutnya dilanjutkan penyematan tanda jabatan dan penyerahan surat keputusan oleh Bupati Parosil kepada para peratin terpilih. 

Selain itu dalam prosesi pelantikan tersebut dilakukan juga penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Parosil berupa dua (2) unit mesin potong rumput untuk kelompok tani Pekon setempat di Kecamatan Air Hitam.

Sementara untuk di Kecamatan Gedung Surian berupa tiga (3) unit mesin potong rumput  kepada kelompok tani untuk Pekon setempat. 

Dimana penyerahan Lima (5) mesin potong rumput tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat. 

Kemudian adapun penyerahan bantuan berupa satu (unit) alat pengering kopi kepada kelompok tani di Pekon Gedung Surian Kecamatan Gedung Surian dari Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan Tahun 2022. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial S.Kom beserta Anggota, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Adi Utama, Assisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat, Camat Air Hitam, Camat Gedung Surian, Peratin dan Peratin terpilih, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat setempat. (kmf)