Permintaan Buah Semangka Meningkat di Pringsewu

Semangka

BlogGua, Lampung - Permintaan buah-buahan sepekan menjelang lebaran semakin meningkat di Pringsewu. Bahkan, peningkatan terjadi sejak awal Ramadhan lalu.

Revan, pedagang buah di Jalan Pemuda, Pasar Sarinongko, Pringsewu Utara, Senin (25/4/22), mengungkapkan dari berbagai jenis buah-buahan yang ada, semangka menempati posisi teratas untuk permintaan masyarakat hingga saat ini.

Akibat tingginya permintaan tersebut, harganyapun melonjak menjadi Rp 7.000/kg dari sebelumnya di kisaran Rp 5.000/kg. Meskipun harganya naik, tetapi setiap harinya ia mampu menjual hingga 5 kwintal.

Berbeda dengan semangka, buah kurma justru mengalami penurunan harga, dari sebelumnya Rp 270.000/dos, saat ini menjadi Rp 250.000/dos. Penurunan terjadi kemungkinan disebabkan melimpahnya buah tersebut pada setiap bulan puasa.

Selain semangka, beberapa jenis buah-buahan yang banyak dibeli masyarakat selama Ramadhan adalah melon, apel dan pear. "Kendati penjualannya tidak setinggi semangka, bahkan cenderung menurun dibandingkan awal-awal Ramadhan lalu," ungkapnya. (*/ Anton Hapsara)