Pilkakam di Lampung Tengah Akan Gunakan Sistem E-Voting

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad

BlogGua, Lampung - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah menggelar acara Simulasi Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) Secara E-Voting di Balai Kampung Wates, Lampung Tengah, Lampung, Jum'at (25/03/2022).

Dikesempatan tersebut, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo mengatakan, program ini merupakan terobosan yang telah digagas pada tahun 2012 dan di aplikasikan di Tahun 2013 dan hingga saat ini sudah di aplikasikan oleh 11 Provinsi, 17 Kabupaten dan 981 Pilkades di Seluruh Indonesia.

"Untuk hari ini diadakan simulasi di Lampung Tengah, yang mana banyak manfaatnya bagi Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah,"imbuhnya. 

Sementara, Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad mengapresiasi terobosan yang dilakukan melalui Dinas PMK Lampung Tengah, dengan bagitu ada beberapa manfaat yang akan dirasakan seperti efesiensi dan efektif, penghitungan suara lebih cepat, tidak ada duplikat data pemilih, tidak ada surat suara rusak serta menghemat biaya dalam jangka panjang.

"Untuk Lampung Tengah sendiri akan menggunakan E- Voting di 5 Pemilihan Kepala Kampung dan apabila berjalan sukses, nantinya seluruh Pemilihan Kepala Kampung akan menggunakan E - Voting,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Sistem E- Voting merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah Informasi digital untuk membuat surat suara, memberikan suara, menghitung perolehan suara, mengirim hasil perolehan suara, menayangkan perolehan suara serta memelihara dan menghasilkan perhitungan suara. 

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Tengah, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Forkopimda, Sekda, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat serta tamu Undangan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar