Bupati Tanggamus Terima Kunjungan Tim Penilai Tahap II PPD Terbaik di Lampung

Suasana meeting

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menerima Kunjungan Tim Penilai Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Terbaik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 di Ruang Rapat Bupati Tanggamus, Lampung, Selasa (08/02/2022).

Dikesempatan tersebut, Dewi Handajani mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Utama, Tim Penilai Independen, Tim Penilai Teknis dan Tim Sekretariat PPD Provinsi Lampung di Bumi Begawi Jejama Kabupaten Tanggamus yang sering disebut juga sebagai "Tangga Menuju Surga".

“Saya selaku Kepala Daerah sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya penilaian ini. Karena akan semakin memacu seluruh komponen di Kabupaten Tanggamus untuk menggali dan mengembangkan potensi daerah yang dimiliki dengan menyusun perencanaan pembangunan yang lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan untuk mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan,"urai Dewi dalam sambutan.

Dewi mengimbuhkan, melalui forum ini juga Pemerintah Tanggamus dapat memperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang.

“Pemerintah Kabupaten Tanggamus melaksanakan Inovasi 'Bumil Ceria' yang merupakan layanan terpadu yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yang sistematis. Hal ini merupakan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi,”jelasnya.

Inovasi ini juga, sambung Dewi, merupakan solusi bagi Ibu hamil yang tidak mendapatkan layanan kesehatan disebabkan berbagai kendala seperti jarak yang jauh, sulit dijangkau, sulit transportasi ataupun dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan bagi ibu hamil untuk mendatangi fasilitas kesehatan.

"Dengan inovasi ini, maka kondisi Ibu hamil dapat terpantau dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, sehingga Ibu selamat dan bayi sehat,” terangnya.

Disamping itu Dewi berharap kepada Tim Penilai PPD agar dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria maupun instrumen-instrumen penilaian yang telah ditetapkan dan kepada seluruh stakeholders agar dapat memberikan informasi dengan tepat dan jelas, sehingga seluruh data yang dibutuhkan dapat tersaji dengan baik. 

“Saya berharap Kabupaten Tanggamus dapat menjadi yang terbaik pertama pada penilaian PPD tahun 2022 ini serta mewakili Provinsi Lampung ke Tingkat Nasional,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan dilaksanakan atas dasar bahwa Kabupaten Tanggamus terpilih menjadi salah satu dari lima kabupaten di Provinsi Lampung yang berhasil lolos penilaian tahap satu Penghargaan PPD Tahun 2022. Dimana pada penilaian tahap 1 dilakukan oleh Tim Penilaian Teknis (TPT), dan selanjutnya dilakukan penilaian tahap 2 oleh Tim Penilaian Utama (TPU) dan Tim Penilaian Independen (TPI).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus, Wakil Bupati Tanggamus, Inspektur, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS). Sementara dari Tim Penilaian, hadir Tim Penilai Utama dan jajaran, Tim Sekretariat  dan jajaran, Tim Pinilai Teknis dan jajaran. Kegiatan juga diikuti secara virtual meeting oleh Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Sekdakab Tanggamus, Tim Penilaian Independen,  para Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Camat, Sekretaris Perangkat Daerah, Kasubag Perencanaan se-Kabupaten Tanggamus dan Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) Tanggamus. (Kominfo/jal)