Tangani Stunting, Parosil Ingin Seluruh Peratin Gunakan Dana Desa

Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus (topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Stunting ini tentu akan menjadi masalah baru bagi kesejahteraan sebuah daerah. Oleh karena itu, penurunan angka stunting ini bukan hanya menjadi sebuah tanggung jawab Dinas Kesehatan, bukan hanya menjadi tanggung Jawab Dinas PMP tetapi ini merupakan tanggung jawab bersama.

Hal tersebut ditekankan oleh Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus saat menghadiri acara  Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 di Aula Kagungan Kecamatan Balik Bukit, Kamis (16/12/2021).

"Saya tekankan kepada seluruh Peratin gunakan Dana Desa-nya untuk penanganan angka stunting di Kabupaten Lambar. Dengan penurunan angka stunting yang semakin baik tentu tingkat kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat,"imbuhnya.

Selain itu Parosil mengharapkan ada sebuah dukungan, kerja keras dan kerja sama, pada dasarnya kolaborasi aksi ini merupakan jawaban bersama dari permasalahan penurunan stunting.

"Kegiatan kita pada hari ini merupakan salah satu tindak lanjut dari pada aksi percepatan penurunan stunting bersama di Kecamatan Batu Brak tepatnya di Pekon Kota Besi,"jelas Parosil.

Untuk itu, Parosil berterima karena sudah mengikuti penandatanganan sebuah komitmen aksi percepatan penurunan stunting di kabupaten Lambar sebagai sebuah dukungan dan komitmen terhadap Kabupaten Lambar.

"Beberapa tahun lalu Kabupaten Lambar ini sudah mendeklarasikan terkait dengan penanganan angka stunting di Lambar,"ungkapnya.

Disamping itu Parosil berharap, mudah-mudahan Ditahun 2022 dengan dukungan dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dan adanya sebuah kebersamaan kerja keras dari pada seluruh kepala OPD Kabupaten Lambar, semua dapat bersinergi.

"Tahun 2022 akan membuahkan hasil yang menggembirakan bagi kita semua terkait dengan hasil pada percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Lambar,"pungkasnya.

Dari pantauan tim Kolab, Pembukaan resmi Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Lambar itu ditandai dengan penandatanganan Komitmen bersama yang dilakukan langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Ir. Noviardi Kuswan, Camat Batu Brak Mat Suhyar, Kepala UPT Puskesmas Sumber Jaya Subianto, S.Kep dan Peratin Tri Budi Syukur E. Suharma. 

Hadir dalam kegiatan secara langsung, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Uki Basuki SKM., MKes., Unsur Forkopimda Kabupaten Lambar, Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Sekretaris Daerah (Sekda) Akmal Abd Nasir, Seluruh Asissten, Staf Ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar.

Hadir Melalui Video Conferensi, Kabid Bidang Perencanaan, Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Eka Yuslita ST.,MT., Camat Peratin Se-Kabupaten Lambar. (Diskominfo Lambar)