Pemprov Lampung Gelar Upacara Hari Bakti ke-76 Dinas Pekerjaan Umum

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto (masker Orange)

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung gelar upacara peringatan Hari Bakti ke-76 Pekerjaan Umum (PU), membacakan sambutan dari Menteri PUPR, Hadimuljono juga dimeriahkan dengan kegiatan donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung. 

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menjadi Pembina Upacara mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pada acara yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Bina Marga dan Bina konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, Jum'at (3/12/2021). 

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 tahun ini mengusung tema "76 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri".

"Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan PUPR dari Sabang sampai Merauke yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia," ujar Fahrizal saat membaca sambutan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Fahrizal mengatakan, pada Hari Bakti ke-76 PU ini Presiden Joko Widodo meminta agar ke depan Lampung harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, yang smart dan ramah lingkungan. 

"Yang membuka akses dan meningkatkan keterhubungan antar wilayah, keterhubungan antar daerah, dan meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan Indonesia Maju," katanya. 

Dalam melanjutkan pembangunan Infrastruktur kedepan, Fahrizal menyebutkan terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian seperti mengenai kualitas infrastruktur yang harus benar-benar ditingkatkan. 

Menurutnya, upaya mewujudkan iInfrastruktur berkualitas harus dimulai dari tahap perencanaan, pelelangan, hingga pelaksanaan. 

"Untuk pengawasan dalam pelaksanaan, harus dilakukan secara intensif dan berjenjang dengan mengoptimalkan peran dan fungsi pembinaan teknik, unit kepatuhan intern dan auditor, serta para konsultan pengawas di lapangan sehingga lebih akuntabel, efisien, dan mutu pekerjaan dapat dijamin," ujarnya. 

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure. 

"Kita juga perlu lebih waspada terhadap ancaman perubahan iklim yang dapat mengakibatkan kekeringan dan banjir ekstrim di berbagai wilayah. Kedepan, saya ingin agar faktor lingkungan menjadi design criteria dalam proses pembangunan infrastruktur," katanya. 

Kemudian, Fahrizal meminta dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur harus sesuai dengan Corporate Culture yaitu bekerja keras, bergerak cepat, dan bertindak tepat dalam satu team work yang solid. 

Fahrizal juga mendorong untuk terus mengimplementasikan Nilai iProve yang meliputi integritas, profesional, berorientasi pada misi, visioner, dan beretika akhlakul karimah. 

"Hal ini sejalan dengan Core Values ASN BerAKHLAK yaitu berorientasi Pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, serta khusus untuk insan PUPR saya ingin kita semua memiliki sifat yang kuat, berani, berjiwa seni dan berakhlakul karimah," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengapresiasi para pendonor yang telah mendonorkan darahnya pada Peringatan Hari Bakti PU ke-76 tersebut. 

"Alhamdulillah donor darah ini sudah terkumpul 30 pendonor dari target 80 orang. Mudah-mudahan para pendonor selalu diberikan kesehatan, keberkahan serta mendapatkan amal ibadah dari Allah," ujar Ibu Riana.(Adpim)