Hari Bakti ke-76 PUPR, BBWS Mesuji Sekampung Tanam 5100 Pohon

Momen Penanaman Pohon

BlogGua, PRINGSEWU - Memperingati Hari Bakti ke-76 PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung - Kementerian PUPR melakukan kegiatan penanaman 5.100 pohon di Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Rabu (1/12/21).

Menurut Kepala BBWS Mesuji Sekampung Alexander Lida, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Kementerian PUPR dan BBWS Mesuji Sekampung dalam mengkonservasi hutan yang sebelumnya telah banyak ditebang saat proses pembangunan Bendungan Way Sekampung. 

"Sebetulnya sudah belasan ribu pohon yang telah ditanam, namun dalam kegiatan kita kali ini ada 5.100 pohon yang ditanam, terdiri dari berbagai jenis diantaranya pohon tin dan zaitun," katanya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Kementerian PUPR - BBWS Mesuji Sekampung, sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan alam.  

"Selain untuk penghijauan dan manfaat buah yang dihasilkan, ada banyak manfaat lain dari menanam pohon, yakni mulai dari membersihkan udara agar menjadi lebih segar, mengurangi dampak perubahan iklim dimana pohon juga bisa membantu mengurangi kadar karbondioksida di udara secara siginifikan dan melepas oksigen ke udara," ujarnya.

Sehingganya, selain untuk mencegah terjadinya perubahan iklim, kata bupati, pohon juga sebenarnya membantu manusia bertahan hidup.

"Manfaat menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak cucu kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit," kata Sujadi.

Selain itu, Bupati Pringsewu juga berharap melalui momentum Hari Bakti ke-76 PUPR ini, PUPR akan semakin solid dan dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Kegiatan penanaman 5.100 pohon tersebut, juga dihadiri Kadis Pengelolaan Sumberdaya Air Provinsi Lampung Budi Dharmawan, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Dandim beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda serta elemen masyarakat lainnya. Beberapa tempat yang menjadi lokasi penanaman pohon tersebut, diantaranya kawasan Dermaga PODSI dan Pulau Ratu Banjar. (Diskominfo Pringsewu)