DWP Way Kanan Diharapkan Berkontribusi Tingkatkan Derajat Kesehatan Mayarakat

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya (di Podium)

BlogGua, Way Kanan -  Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang bertemakan 'Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM' di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Senin (20/12/2021).

"Tentu tema yang di usung kali ini sangat selaras dengan Visi Kabupaten Way Kanan, yakni Terwujudnya Kabupaten Way Kanan yang Unggul dan Sejahtera, maka diharapkan agar DWP Kabupaten Way Kanan dapat memberikan kontribusi dan memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yakni mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani dan sosial, serta ikut andil dalam membantu mengembangkan dan mempromosikan produk unggulan UMKM Kabupaten Way Kanan dalam meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam ekonomi kreatif dan tidak lupa bidang pariwisata,"tutur Adipati ditengah sambutannya.

Untuk itu Adipati mengajak kepada segenap pengurus dan anggota DWP untuk menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun DWP ke-22 ini sebagai jembatan untuk bersinergi antara satu dengan lainnya, sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya bagi kiprah dan peran DWP Kabupaten Way Kanan, baik kiprah dan peran sebagai ketahanan keluarga dan juga dalam mendukung meningkatkan kinerja suami.

Sebelumnya, Adipati mengucapkan selamat memeringati Hari Ulang Tahun ke-22 kepada seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Kabupaten Way Kanan. Teriring harapan, di usia yang dewasa ini DWP semakin mampu menjadi organisasi yang mandiri, dengan Visi menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, mengambil peran aktif dan strategis dalam pembangunan bangsa.

"Sebagai mana kita ketahui bahwa Dharma Wanita Persatuan (DWP) ini adalah salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia, telah berperan aktif dan strategis dalam pembangunan Daerah dan Nasional. Potensi DWP menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam menyukseskan program pemerintah,"imbuhnya.

Selain itu, Adipati memaparkan, sebagai organisasi yang beranggotakan istri-istri Aparatur Sipil Negara (ASN), DWP telah menjadi wadah yang menghadirkan program-program kreatif dan inovatif bagi anggotanya dan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik dalam berkeluarga maupun berwirausaha.

"Sehingga telah bisa memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat Sesuai tema HUT DWP ke-22 Tahun 2021 ini, yaitu "Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM", hal ini berarti bahwa DWP harus meningkatkan kinerja dan kreatifitas kerja dari setiap anggotanya, serta harus mampu berkiprah nyata dengan menjadi suatu organisasi yang berkualitas, mandiri dan dapat diandalkan untuk mendukung program-program pemerintah. Khususnya dalam melaksanakan program pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi covid-19 yang belum ada tanda-tanda berakhir ini,"terangnya.

Lanjut Adipati, Peringatan HUT DWP hakekatnya merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah dan pengabdian perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. Namun, masih kata Adipati, juga harus dipahami bahwa peringatan HUT DWP bukan hanya kegiatan seremonial belaka, akan tetapi hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk kilas balik sejarah terbentuknya DWP, serta merefleksikan atas kontribusi apa yang telah diberikan bagi kemajuan DWP Kabupaten Way Kanan.

"Perlu Saya ingatkan bahwa peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat, perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas pembangunan, yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. Untuk itu, program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk Pengurus dan Anggota Dharma Wanita Persatuan harus terus ditingkatkan lagi,"tutur Adipati.

Tak lupa, Adipati juga mengingatkan bahwa dalam berkegiatan, DWP tidak harus berdiri sendiri, namun selalu bermitra dengan OPD terkait, organisasi-organisasi wanita dan lembaga masyarakat lainnya.

"Untuk itu, mari ciptakan dan kembangkan sinergi yang baik dan saling menguatkan satu sama lain,"ajaknya. 

Diakhir, Adipati berharap kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, selaku Pembina Dharma Wanita Persatuan agar senantiasa memberikan dukungan dengan menjadi teladan, melakukan pembinaan dan kerja sama yang baik, serta memberikan arahan untuk kemajuan Dharma Wanita.

"Saya harapkan juga agar DWP tidak hanya melakukan kegiatan rutin arisan, namun juga sering-seringlah melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan,"pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Way Kanan, Sekretaris Daerah Way Kanan, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Way Kanan, Selaku Penasehat DWP Kabupaten Way Kanan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Way Kanan, serta Jajaran pengurus dan anggota DWP se-Kabupaten Way Kanan. (Diskominfo Way Kanan)

0 Komentar

Silahkan Komentar