Wabup Tanggamus Hadiri pra-Asesmen Kepala Satuan Pendidikan Jenjang SD-SMP

Suasana pra-Asesmen Bagi Kepala Satuan Pendidikan Jenjang SD dan SMP Se-Kabupaten Tanggamus

BlogGua, Tanggamus - Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus AM. Syafi'i menghadiri pra - Asesmen Bagi Kepala Satuan Pendidikan Jenjang SD dan SMP Se-Kabupaten Tanggamus di Aula SPLP Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus, Jum'at (5/11/2021).

Wakil Bupati AM. Syafi'i menyampaikan, berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan sebagai Kepala Sekolah dan Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban kerja, Guru, KS dan Pengawas bahwa seorang kepala sekolah harus memahami, melaksanakan kompetensi sebagai Kepala Sekolah. 

"Adapun kompetensi yang harus dimiliki seorang kepala sekolah yaitu Kompetensi Kepribadian,  Kompetensi Manajerial, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Supervisi , dan Kompetensi Sosial,"jelasnya.

Wabup AM. Syafi'i berharap, melalui kegiatan ini muncul Kepala Sekolah yang professional, kreatif, dan inovatif dalam menjawab tantangan pembangunan kedepan. Sebab, lanjut Wabup AM. Syafi'i, seperti yang diketahui, tantangan kerja dimasa depan dalam bidang apapun akan menjadi berat, terlebih dalam dunia pendidikan dengan kompleksitas permasalahan yang berkembang dinamis, jadi Kepala Sekolah harus selalu siap menghadapi potensi perkembangan isu dan masalah sehingga tercipta analisis masalah dan pemecahannya secara tepat.

Disamping itu, Wabup AM. Syafi'i juga berharap, melalui kegiatan Asesment Kepala Satuan Pendidikan ini, akan tergambar pemetaan kepala Satuan Pendidikan jenjang SD dan SMP Kabupaten Tanggamus.

"Sehingga dapat dijadikan salah satu acuan dalam menentukan kebijakan baik pemerintah daerah dan pusat,"pungkasnya. 

Acara tersebut juga dihairi oleh SPLP Dinas Pendidikan dan para Guru Kepala Sekolah Kecamatan Sumberejo. Sedangkan jajaran Kepala Sekolah dan Satuan Pendidikan yang lain se-Tanggamus mengikuti secara Virtual dari sekolah yang ada di Kecamatan masing-masing. (Kominfo)